Latest News

Tips Ampuh Mengatasi Buang Angin Yang Tidak Sedap

idbaca.com - Buang angin adalah merupakan sesuatu tindakan yang kurang sopan, apalagi itu berbau yang sangat tidak sedap. Tentu kita tidak ingin itu terjadi pada kita. Sebenarnya bau tidak sedap itu disebabkan pada saat kita makan, angin dari luar ikut masuk bersamaan dengan apa yang kita makan dan dari situlah munculnya udara didalam tubuh kita.

Gas yang ada didalam perut akan keluar melalui dua cara; yaitu dengan bersendawa dan buang angin. Perlu anda ketahui bahwa buang angin rata-rata 15 kali dalam sehari terbilang masih normal, karena buang angin merupakan tanda bahwa sistem pencernaan dalam perut bekerja dengan baik. Namun anda pasti tidak menginginkan bau tidak sedap pada saat buang angin. Jika bau gas dalam perut anda mulai mengganggu, ikutilah tips dibawah ini!

Tips Ampuh Mengatasi Buang Angin Yang Tidak Sedap


1. Pada saat anda selesai menyantap makanan ada baik baik anda meminum teh herbal. Karena teh herbal dipercaya dapat membantu kinerja pencernaan didalam perut.

2. Hindari mengkonsumsi sayuran, karena ternyata juga bisa membuat gas dari perut berbau busuk. Seperti; kubis, brokoli, kacang-kacangan, bunga kol dan hasil olahan gandum.

3. Hindari makan makanan yang berkarbohidrat seperti ubi dan singkong. Karena ubi dan singkong adalah makanan yang susah dicerna oleh Enzim yang ada dalam perut. Dan juga ubi dan singkong dapat membuat buang angin berlebih dan berbau, dan itu benar adanya.

4. Perbanyak makan makanan yang berserat, supaya memperlancar buang air besar. Kesulitan buang besar juga dapat menyebabkan menumpuk nya gas dalam usus besar, dan mengakibatkan buang angin lebih sering dengan aroma tidak sedap.

5. Hindari minum minuman yang beralkohol dan bersoda, karena dapat mengakibatkan bertambahnya udara pada lambung dan dapat membuat perut kembung. Sehingga kita sering buang angin.

6. Olahraga secara rutin juga dapat membantu metabolisme pada tubuh bekerja secara optimal. Seperti yoga dan jogging.

7. Pada saat anda mengunyah makanan, usahakan mengunyahnya dengan lembuh sekitar 30 kali. Hal ini tidak hanya membantu organ lainnya bekerja, tetapi juga dapat mengurangi masuknya udara bersamaan dengan makanan yang anda makan.

8. Hindari memakan permen karet, karena itu juga akan membuat udara masuk kedalam mulut bersamaan dengan anda menghisap manisnya permen karet.
Itulah beberapa makanan yang dapat menyebabkan buang angin tidak sedap, tapi bukan berarti anda menjauhi beberapa makanan diatas. Karena dari sebagian makanan diatas memiliki Gizi yang penting dibutuhkan oleh tubuh kita.