Latest News

Fakta Unik Tentang Udang

Idbaca.com – Udang adalah binatang yang habitatnya di perairan, seperti sungai, danau, atau laut. Kita dapat menemukan binatang yang satu ini hampir di semua genangan air yang berukuran besar, baik itu air tawar maupun air asin. Bagi pencinta kuliner seafood, udang menjadi salah satu makan favorit selain memiliki rasa enak, gurih, dan lezat udang juga mempunyai kandungan gizi yang lengkap. Tentu saja itu akan bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh kita. Nah pada kesempatan kali kita akan membahas tentang fakta unik seputar udang. Apa saja, berikut ulasannya.

Fakta Unik Tentang Udang

  1. Udang merupakan salah satu sumber protein yang lengkap, sebab udang mengandung asam amino yang sangat tinggi dan sekitar 90% protein dikandungnya, tentu saja ini sangat mudah sekali dicerna oleh sistem pencernaan tubuh kita.
  2. Didalam udang segar terkandung kolesterol yang cukup tinggi, yaitu sekitar 150 mg pergramnya. Untuk penderita kolesterol, Anda tidak perlu khawatir karena itu tidak secara langsung akan menaikkan kadar kolesterol kita. Sebab udang juga mengandung asam lemak esensial yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.
  3. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa, udang yang dimasak dengan cara di kukus, itu di yakini mampu meningkatkan kecerdasan otak dan pertumbuhan anak. Karena udang memiliki kandungan omega 3, Vitamin B12, dan Vitamin D.
  4. Selain itu juga udang mengandung selenium yang cukup tinggi. Sehingga mampu membantu produksi antibodi dan sebagai anti radikal bebas. Jadi udang sangat baik sekali dijadikan makanan yang bermanfaat untuk menjadikan kita kebal terhadap penyakit.
  5. Tahukah Anda bahwa indonesia merupakan negara satu-satunya di dunia yang memiliki kekayaan laut begitu besar. Ada beberapa udang yang sangat diunggulkan, seperti udang galah, udang windu, dan udang kucing.
  6. Udang galah adalah udang air tawar. Udang ini memiliki ukuran yang besar dan gemuk. Selain itu juga udang galah sangat populer karena memiliki berbagai macam warna.
  7. Tidak jauh berbeda dengan udang galah. Udang windu juga sangat populer di Indonesia, karena ukurannya yang besar. Namun udang ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih ketika dimasak.
  8. Udang kucing sangat berbeda dengan jenis udang windu dan galah, karena udang kucing memiliki ukuran yang kecil. Tapi udang kucing memiliki warna yang beragam. Seperti kuning dengan garis coklat dan putih atau hijau dengan garis putih dan kuning.
  9. Udang sangat bermanfaat sekali untuk menjaga kesehatan kulit, dan rambut. Karena kandungan protein yang sangat tinggi pada udang, mampu mencukupi asupan protein yang diperlukan oleh rambut dan kulit. Selain itu juga udang merupakan sumber yang sangat kaya akan mineral.
  10. Di Indonesia sendiri banyak sekali kuliner dari olahan udang. Seperti udang goreng tepung roti, sup udang tofu, spaghetti udang, udang goreng crispy dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi pada umumnya Anda pasti hanya makan udang yang digoreng, dibakar, atau di tumis. Padahal masih banyak lagi yang lainnya makanan yang berasal dari olahan udang.