Latest News

Menahan BAB terlalu Lama Akan Membahayakan Kesehatan

Pastinya kamu pernah merasa menginginkan buang air besar namun tidak mendukung keadaan kamu, misalnya kamu sedang ditempat umum atau hal-hal genting lainnya dimana tidak memungkinkan untuk pergi ke kamar mandi. Muka yang pucat karena menahan ampas yang akan keluar adalah hal yang tidak diinginkan. 

Menahan BAB yang terlalu lama memiliki dampak yang kurang baik terutama bagi kesehatan. Namun terkadang hal ini tidak dihiraukan tetapi ketahuilah ada beberapa hal yang terjadi bila menahan BAB seperti berikut ini.

Menahan BAB terlalu Lama Akan Membahayakan Kesehatan

1. Sistem pencernaan yang harusnya menyerap air justru menyerap racun
Menahan buang air besar yang terlalu lama akan membuat tinja menjadi keras serta usus besar yang seharusnya menyerap air yang baik justru menyerap racun yang harusnya keluar dari tubuh. Pastinya anda tidak menginginkan hal ini terjadi oleh karena itu persiapkan diri dengan baik untuk mengantisipasi masalah seperti ini.

2. Sembelit atau bahkan bisa mengalami diare
Saat tidak membuang air besar dalam tubuh sebab menundanya akan mengalami keras dalam sistem pencernaan. Hal ini akan membuat sembelit bahkan dalam beberapa kasus seseorang akan terkena diare yang pastinya lebih menyakitkan saat dikeluarkan di kamar mandi.

3. Perut Anda akan mengalami kembung
Masalah yang sering terjadi saat menahan buang air besar adalah mengalami kembung. Hal ini bisa terjadi sebab buang angin tidak akan keluar justru akan kembali ke perut yang bisa menyebabkan perut menjadi kembung.

4. Membuat kotoran menjadi keras
Banyak masalah yang akan terjadi saat menahan BAB yang terlalu lama. Kotoran yang menjadi keras adalah hal yang pasti terjadi. Sesegera mungkinlah untuk membuangnya ketika Anda ingin buang air besar.

5. Wasir akan terjadi
Hal yang paling mengerikan saat menahan BAB adalah mengalami wasir. Inilah yang terjadi bila menahan BAB terlalu lama karena tekanan pada otot usus besar anus yang terlalu keras bisa menyebabkan pembuluh darah bengkak.