Latest News

Rambut Anda sering Rontok? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Idbaca.com - Rambut Anda sering Rontok? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya - Rambut rontok memang kerap sekali terjadi, hingga membuat rambut anda menipis. Hal tersebut sungguh tidak di inginkan oleh kebanyakan orang, apalagi anda adalah seseorang yang sangat memperhatikan penampilan. Jumlah penderita rambut rontok sendiri setiap tahunnya semakin meningkat. Penyebab terjadi dalam kasus ini adalah kurangnya perawatan atau perhatian lebih terhadap rambut. Rambut rontok bisa di derita oleh semua kalangan umur, baik orang tua, dewasa, remaja hingga anak-anak. Berikut ini Penyebab rambut rontok:

Rambut Anda sering Rontok? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya


Penyebab Rambut Rontok

1. Makanan
Terkadang makanan yang anda konsumsi bisa menyebabkan rambut rontok, baik makanan pedas dan berminyak. Tapi perlu anda ketahui bahwa dari makanan tersebutlah akan muncul penyakit pada tubuh kita, dan salah satunya adalah kulit kepala akan kelebihan minyak, dan mengakibatkan rambut menjadi rontok serta akan menambah masalah seperti munculnya ketombe. Maka dari itu, ada baiknya anda menjaga pola makan anda sehari-hari.


2. Penggunaan alat rambut
Penggunaan alat rambut seperti ikat rambut, hairdryer, sisir dan aksesoris memang bisa memberikan tampilan pada rambut lebih berkaya dan lebih enak di pandang. Namun jika hal tersebut sudah terlalu berlebihan atau tidak sesuai aturannya. Maka akan menyebabkan masalah rambut rontok, jadi gunakanlah alat rambut sesuai aturannya dan jangan berlebihan.


3. Obat-obatan
Ternyata obat-obatan juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Karena di dalam obat terdapat bahan kimia, dan pada umumnya mempunyai efek samping yang banyak seperti salah satunya ternyata mempunyai efek samping bisa merontokan rambut. Jadi berhati-hatilah dalam mengkonsumsi obat-obatan untuk kesehatan.


4. Shampo
Menggunakan shampo sebenarnya boleh-boleh saja, akan tetapi tidak semua jenis shampo bisa cocok dengan rambut anda. Lebih disarankan untuk menggunakan jenis shampo yang memiliki kandungan bahan kimia yang sedikit. Dan jangan menggunakan shampo secara berlebihan, gunakanlah sesuai aturannya.

Setelah mengetahui penyebab rambut rontok, sekarang adalah Cara Mengatasi Rambut Rontok. Berikut ulasannya:

Cara Mengatasi Rambut Rontok

1. Pijat kulit kepala
Memijat kulit kepala, ternyata juga dapat mencegah rambut rontok. Anda bisa melakukannya dengan santai dan ini akan terasa nyaman. Karena dengan melakukan hal tersebut dapat membuat proses sirkulasi pada bagian rambut anda menjadi lancar dan baik. Anda bisa menambahkan minyak yang sudah anda percayai saat proses pemijatan.


2. Lidah buaya
Di dalam lidah buaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat membuat rambut anda lebih tebal dan subur. Maka tidak heran banyak pengusaha produk shampo menjadi lidah buaya sebagai bahan utama dalam produknya. Anda juga bisa melakukannya dengan cara alami, seperti langsung dari lidah buaya. Anda bisa melakukan dengan cara mengambil beberapa lidah buaya lalu potonglah dan ambil ledirnya serta oleskan ke seluruh bagian rambut anda sambil memijatnya.


3. Telur
Di dalam telur juga terdapat protein yang sangat tinggi. Maka dari itu anda bisa memanfaatkannya sebagai obat untuk mengatasi rambut rontok. Adapun caranya sebagai berikut, ambil sebutir telur lalu kocok kedalam sebuah wadah, lalu tambahkan tetesan jeruk lemon. Kemudian oleskan pada rambut anda.


4. Kurangi mengikat rambut
Jika anda suka mengikat rambut, maka hal itu termasuk bagian dari penyebab rambut rontok. Maka dari sekarang cobalah untuk mengurangi mengikat rambut anda. Tetapi jika anda bersikeras ingin tetap mengikat rambut demi penampilan, maka anda bisa melakukannya asalkan jangan mengikatnya terlalu kencang.


5. Madu
Madu sudah sangat dipercaya oleh masyarakat di seluruh dunia dalam mengobati berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Begitu juga dengan rambut rontok, madu ternyata juga dapat membuat rambut menjadi subur dan lebih kuat. Adapun cara penggunaannya dengan cara mengoleskan madu pada seluruh bagian kulit kepala dan rambut dengan sambil melakukan pemijatan. Lakukanlah cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.