Latest News

17 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

idbaca.com17 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan - Manfaat Daun Mint -
Daun Mint dikenal dengan aroma yang khas karena bisa menenangkan ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita.Selain digunakan untuk tambahan pada masakan ternyata biasa digunakan untuk pengobatan, Makanan maupun minuman dan juga alat kecantikan menggunakan manfaat dari daun mint tersebut. Daun yang mudah di dapat ini memiliki manfaat yang berkhasiat dan sangat berkarakter. Lalu apa sajakah Manfaat Daun Mint ?


17 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan


Simak beberapa Manfaat Daun Mint 

Kandungan daun mint

Kandungan daun mint sangat beragam yang baik untuk tubuh yaitu berupa antioksidan dan beberapa vitamin C, Vitamin A, vitamin D, dan Vitamin E. Bukan hanya itu saja, daunt mint mengandung mineral berupa Kalsium dan Fosfor yang berguna bagi tubuh kita.

1. Sebagai Penambah aroma makanan
Daun mint dapat digunakan untuk menambah aroma makanan karena bau nya yang khas maka mint juga di sukai banyak kalangan pecinta kuliner dan daun mint tak pernah terlewatkan untuk hidangan makanan.

2. Dapat Meningkatkan nafsu makan
Bau dari daunt mint yang sangat khas dan bisa memberikan ketenangan jika mencium aromanya, Karena banyak yang menyukai aroma mint yang ada pada makanan memberikan efek nyaman bagi penikmatnya dan membuatnya ketagihan untuk makan lagi.

3. Untuk Aromaterapi
Mungkin banyak yang belum tahu bahwa daun mint dapat digunakan untuk bahan medis. Daunt mint dapat digunakan sebagai bahan medis karena aroma khasnya dapat memberikan ketenangan.

4. Mengatasi nyeri
Daun mint bisa digunakan untuk mengatasi nyeri pada tubuh anda. Karena terdapat Kandungan  Antispasmodic  yaitu zat yang sangat baik untuk mengendurkan otot anda. Sehingga daun mint cocok untuk mengatasi nyeri.

5. Baik untuk pencernaan
Selain dapat digunakan untuk pengobatan, Kandungan Antioksidan dan fitonutrien juga dapat digunakan untuk mengatsi pencernaan anda. Kandungan tersebut yang ada pada daun mint tidak ada efek samping yang membahayakan. Karena itulah banyak daun mint sebagai campuran makanan, karena makanan yang telah masuk kedalam tubuh juga bisa di cerna dengan baik.


6. Mengatasi demam tubuh
Banyak orang yang sudah menggunakan daun mint untuk mengatasi demam pada tubuh. Daun mint dapat memberikan efek yang brbeda dan bermanfaat bagi tubuh yaitu dapat menyegarkan tubuh walau sedang berada di bawah terik sinar matahari. 

7. Sebagai tameng untuk radikal bebas
Mengapa dapat digunakan sebagai tameng radikal bebas? jika anda adalah seorang yang sibuk atau bekerja di bawah terik sinar matahari maka cocok sekali dengan mengkonsumsi campuran daun mint, seperti contohnya anda bisa mencampurkan daun mint pada minuman. Sebagai tameng radikal bebas karena daun mint  sendiri mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh anda

8. Merawat kesehatan gigi dan mulut
Banyak bahan dengan campuran daun mint karena efek yang segar. Biasanya daun mint terdapat pada campuran pasta gigi. Selain memberikan efek yang segar juga dapat menjaga kesehatan gigi anda karena terdapat zat anti bacterial  dan anti inflamasi yang baik untuk menjaga dan merawat gigi anda.

9. Mengurangi stress
Seperti yang telah dibahas, daun mint sering digunakan sebagai bahan campuran dalam dunia medis karena memang daun mint dapat memberikan efek ketenangan dengan kandungan zat antioksidan yang baik untuk tubuh anda dan dapat melawan stress sehingga menjadikan tubuh menjadi tenang dan rileks.

10. Mengobati batuk dan gatal tenggorokan
Banyak orang yang menggunakan daun mint sebagai pengobatan batuk dan gatal pada tenggorokan. Pasalnya daun mint memberikan efek segar dan memberikan ketenangan dalam tubuh, Maka cocok sekali digunakan untuk mengobati batuk karena bisa memberikan efek segar pada tenggorokan dan mengurangi gatal.

11. Melegakan pernapasan
Daun mint memeberikan efek kesegaran dan bersifat sebagai pelega, maka cocok untuk anda yang mengalami sesak nafas untuk menggunakan daun mint untuk menyegarkan pernfasan Sehingga penafasan menjadi lega.

12. Meningkatkan sistem imunitas
Untuk anda yang kekurangan imunitas atau kekebalan tubuh sangat cocok dengan daun mint karena pasalnya kekurangan imunitas adalah karena kurangnya vitamin C. Dalam daun mint terdapat vitamin C yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda.

13. Baik untuk kesehatan mata
Kandungan yang terdapat dalam daunt salah satunya adalah Vitamin A yang berfungsi untuk menjaga dan merawat kesehatan mata. Daun mint cocok untuk anda yang kurang suka mengkonsumsi wortel dapat mengganti wortel dengan daun mint.

14. Baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi
Selaras dengan pertumbuhan manusia semakin bertambah usia juga semakin rentan dengan tulang dan gigi. Lalu bagaimana cara menjaga tulang agar tetap sehat? dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan fosfor dapat menjaga kesehaan tulang anda. Salah satu kalsium dan fosfor terdapat pada daun mint. walaupun kandungan kalsium dan fosfor tidak terlalu banyak namun sedikit bisa membantu menjaga tulang anda.

15. Mengurangi resiko kanker
Daun mint dapat mengurangi resiko kanker usus besar. Salah satu kandungan yang terdapat dalam daunt mint yaitu antioksidan yang mampu menangani radikal bebas dalam tubu. Maka dengan daun mint dapat membantu anda mengurangi resiko kanker dan menjadikan tubuh sehat selalu.

16. Menjaga kesehatan kulit
Daun mint dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit anda karena kandungan yang terdapat di dalam daun mint salah satunya adalah vitamin D dan Vitamin E yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan dapat menggantikan sel kulit yang rusak sehingga kulit tetap segar.

17. Mengatasi alergi
Kandungan dalam daun mint dapat mengontrol kondisi alergi dalam kulit anda. Sehingga mint sangat baik digunakan karena selain dapat mengontrol juga dapat mematikan kondisi bakteri jahat serta jamur. Rasa gatal dan alergi pada kulit anda menjadi terkendali karena kandungan mint dapat mengontrol kondisi alergi pada kulit anda.

Itulah beberapa Manfaat Daun Mint yang kaya akan manfaat.