Latest News

Berbagai Macam Penyebab Mata Merah atau Iritasi

idbaca.com - Berbagai Macam Penyebab Mata Merah atau Iritasi. Mata merah merupakan suatu kondisi dimana semua orang pasti sudah pernah mengalaminya. Ini biasa terjadi karena pelebaran pembuluh darah yang membuat warna kemerahan pada bola mata. Tingkat kemerahan yang ditimbulkan biasanya tidak mempengaruhi tingkat penyakit mata yang dialami, yang harus diperhatikan adalah keluhan yang menyertai mata merah tersebut.

Penyebab Mata Merah. Mata merah bisa terjadi karena berbagai hal, tidak semua mata merah disebabkan oleh asap atau debu. Melainkan bisa disebabkan oleh bakteri, iritasi bahan kimia, virus dan bakteri, serta karena mata kering.

idbaca.com-Berbagai Macam Penyebab Mata Merah atau Iritasi


Berikut beberapa penyebab terjadinya mata merah.

1. Alergi

Mata merah bisa disebabkan oleh alergi seperti gatal dan mata berair. Untuk mengatasi mata merah akibat alergi cukup mudah, anda cukup menjauh atau menghindari sumber alergi atau anda bisa memberikan obat tetes mata yang mengandung peradangan.

2. Iritasi bahan kimia

Mata merah yang disebabkan oleh iritasi bahan kimia, ini biasanya terjadi jika anda sebelumnya melakukan kegiatan dengan menggunakan bahan kimia. Untuk mengatasi mata merah akibat bahan kimia cukup anda basuh mata anda dengan air bersih yang mengalir atau pakailah kacamata yang dapat melindungi mata anda dari bahan kimia.

3. Infeksi

Mata merah karena infeksi biasanya terjadi karena terdapat kotoran yang ada pada mata, sehingga mata terasa perih dan berwarna merah. Cara mengobatinya cukup dengan obat tetes mata yang mengandung antibiotik.

4. Mata kering

Mata kering juga bisa membuat mata menjadi merah, karena mata kering biasanya terasa perih dan lelah. Ini biasanya karena terlalu lama didepan tv atau laptop. Cara mengobatinya cukup menggunakan pelembab yang berisikan air mata buatan.

Demikianlah beberapa penyebab yang dapat membuat mata merah. Dari cara-cara mengatasi mata merah diatas lebih baik anda menggunakan cara tradisional untuk mengatasinya, seperti memakai daun sirih.