Latest News

Efek Buruk Merokok Bagi Wanita

idbaca.com - Merokok memang bukanlah aktivitas yang menyehatkan bagi seseorang. Perokok memang pada umumnya dijumpai dan ditemui hanya terlihat pada seorang pria, tetapi fakta nya seorang wanita juga ada banyak yang melakukan kegiatan merokok. Dampak buruk merokok lebih berbahaya terhadap wanita dibandingkan dengan pria.


Lihat juga
  1. Bahaya Makan Mie Instan Bagi kesehatan
  2. Ciri dan gejala Penyakit tipes
  3. Mengobati sakit telinga secara alami

Merokok sangat berbahaya karena efek rokok bisa menjalar lebih cepat ke organ dalam tubuh seperti paru-paru kemudian ke Otak hanya dalam waktu sepuluh detik.


Efek Buruk Merokok Bagi Wanita

1. Tembakau dan gangguan ginekologi
Merokok memang bukan kebiasaan yang baik, sebaiknya jangan dilakukan terutama untuk wanita karena akan memiliki beberapa gangguan seperti mengurangi sekresi estrogen yang bisa menimbulkan rasa nyeri saat menstruasi. lalu akan meningkatkan suara dan bulu tubuh. Kandungan atau bahan tembakau dalam rokok menyebabkan resiko perkembangan lesi prakanker leher rahim.

2. Kulit yang terganggu
Perokok aktif wanita akan menyebabkan kulit menjadi kusam, kendur serta tidak elastis. Kandungan tembakau dalam rokok juga menyebabkan keriput lebh awal sekitar 10-20 tahun sebelum keriput itu sebenarnya muncul

3. Merokok mengganggu kesuburan wanita
Dampak buruk merokok akan mengganggu kesuburan wanita mencapai 50%. Karena tembakau akan menyebabkan lendir rahim mengental sehingga perkembangan sperma menjadi terhenti dan menurunkan tingkatan estrogen yang mana akan mengurangi kualitas dinding rahim dan akan mengganggu aliran darah terutama untuk keperluan implementas telur.

4. Mengurangi berat badan
Efek merokok bagi wanita adalah menyebabkan berat badan yang menurun. Berat badan menurun bukan berarti wanita yang tidak merokok akan menjadi gemuk melainkan memiliki berat badan yang normal.

Hal ini karena penyimpanan lemak dan energi menjadi lebih meningkat hingga 200 kalori per hari yang disebabkan oleh kandungan nikotin.

5. Risiko masalah kardiovaskular
Masalah berikutnya bagi kaum wanita yang hobi merokok adalah mengalami resiko masalah kordiovaskular terutama yang mengkonsumsi pil kontrasepsi terutama bagi wanita yang menggunakan pil ini di usia 35 tahun keatas.