Latest News

Ketahui Dahsyatnya dari Manfaat Madu Bagi Kesehatan

idbaca.com - Ketahui Dahsyatnya dari Manfaat Madu Bagi Kesehatan - Bukan sebuah rahasia lagi bahwa madu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan madu sangat banyak dan luar biasa dalam hal mengatasi dan juga menyembuhkan berbagai penyakit. Madu merupakan cairan ajaib yang sangat hebat dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh madu digunakan untuk menyembuhkan penyakit dan keluahan seperti contohnya sariawan, peningkatan kekebalan tubuh, menghilangkan jerawat dan masih banyak lagi.

Selain mudah didapat, madu juga dalam penggunaanya cukup mudah dan tidak memakan banyak waktu dan energi. Dalam kasus lain, manfaat madu sudah diketahui dan banyak digunakan sebagai pemanis alami untuk minuman ataupun untuk bahan makanan lainnya. Madu dapat dikonsumsi langsung atau juga dibuat minuman, misalnya dengan mencampurkan madu dengan air hangat. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa campuran madu dengan air hangat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.



Dahsyatnya dari Manfaat Madu Bagi Kesehatan diantaranya :

1. Pengobatan Luka dan Bengkak
Tak dapat disangka ternyata madu dapat anda gunakan sebagai pengobatan luka dan bengkak. Jika anda terdapat luka ataupun bengkak cukup dengan mengoleskan pada bagian-bagian yang bengkak. Dapat diketahui bahwa Madu mengandung glukosa dan enzim yang disebut oksidase glukosa. Pada kondisi tersebut, oksidase glukosa dapat memecah glukosa madu menjadi hidrogen peroksida, zat tersebutlah yang bersifat antiseptik kuat. Untuk menjadi aktif dan mengurai glukosa madu, oksidase glukosa membutuhkan lingkungan dsekitar pH 5,5-8,0 dan natrium. PH madu murni yang berkisar antara 3,2 dan 4,5 terlalu rendah untuk mengaktifkan enzim. Shingga Kulit dan cairan tubuhyang memiliki pH relatif tinggi dan mengandung natrium dalam kondisi yang tepat dapat membantu pembentukan hidrogen peroksida. Oleh karenanya kandungan madu tersebut dapat digunakan dan sangat baik untuk mengobat luka dan bengkak.


2. Perangsang Pertumbuhan Jaringan
Madu memiliki kandungan diantaranya Propolis, enzim, dan serbuk sari, vitamin dan mineral yang dapat membantu merangsang pertumbuhan jaringan baru. Apabila madu digunakan pada luka bakar, maka akan mempercepat proses penyembuhan dan dapat mengurangi jumlah jaringan parut sehingga sangat cocok apabila madu digunakan sebagai alternatif utama dalam penyembuhan luka bakar karena proses pertumbuhan jaringan yang cepat.

Artikel Menarik Lainnya :
  1. Makanan yang membuat anda lebih awet muda
  2. Manfaat Mendengarkan musik untuk kesehatan
  3. Khasiat dan manfaat renang bagi kesehatan
  4. Bahaya Kopi Bagi wanita


3. Menghaluskan Kulit
Tahukan anda kalau madu bermanfaat untuk menghaluskan kulit? kandungan seperti Asam glukonat dan asam organik ringan lainnya yang terdapat dalam madu dapat melonggarkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga dapat mempercepat regenerasi, mengurangi keriput pada kulit dan garis penuaan, menyeimbangkan kadar minyak, dan meningkatkan elastisitas pada kulit. Kandungan seperti gula dan asam amino yang pada madu dapat membantu mempertahankan kelembaban pada kulit. Oleh karena itu sangat banyak bahan-bahan kecntikan yang menggunakan campuran madu atau banyak dari tips kecantikan juga yang menyarankan madu sebagai masker pada kulit wajah.


4. Menjaga Tubuh dari Radikal Bebas
Kandungan anti oksidan pada madu yang sangat tinggi sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita dari serangan radikal bebas sehingga menjaga tubuh tetap sehat dan jauh dari penyakit. Antioksidan yang biasa disebut “pinocembrin” hanya ditemukan didalam madu. Maka madu akan membuat tubuh  lebih sehat, tubuh jauh dari penyakit dan kehidupan anda akan terus terasa tetap sehat.


5. Mengatasi Batu dan Dingin
Madu dapat mengatasi batuk dan dingin karena madu memiliki efek penyembuhan akibat infeksi dingin dan madu sendiri bisa dicampur dengan air hangat yang dapat mengobati sakit tenggorokan anda. Apabila anda batuk dengan dahak maka madu adalah alternatif yang sangat efektif bila madu dicampur dengan air hangat juga akan membantu membawa keluar dahak yang menumpuk.


6. Menurunkan Berat Badan
Ternyata hanya dengan madu dapat menurunkan berat badan. mungkin banyak yang sudah tahu sebelumnya dari manfaat tersebut. Maka bagi anda yang belum tahu, hanya dengan mengkombinasi madu dan air hangat bisa membantu membakar lemak. Karen hanya dengan meminum segelas ramuan ini di tiap pagi hari agar anda bisa menurunkan timbunan lemak yang telah menumpuk didalam tubuh.


7. Melancarkan Pencernaan
Tidak perlu repot-repot untuk mengatasi bagaimana cara melancarkan pencernaan. Hanya dengan madu dan air hangat saja sudah cukup membantu agar pencernaan anda tetap lancar. Kandungan enzim pada madu dapat membantu anda mencerna makanan. Jika Anda memiliki masalah pencernaan maka dengan madu adalah solusi tepat dan hanya dengan harus meminum madu dengan air hangat setelah makan makanan inti maka anda akan dapat merasakan perbedaan dari sebelumnya jika anda belum perna minum madu dengan air hangat.