Latest News

Tips Sehat Ketika Begadang

Idbaca.com - Tips Sehat Ketika Begadang - Banyak faktor yang menyebabkan kita memiliki tuntutan, kesibukan, atau juga pekerjaan yang harus diselesaikan, dan itu pun harus begadang adalah solusi yang menyebalkan. Untuk bagi yang tidak biasa begadang. Namun sebaliknya, ketika kamu sudah terbiasa begadang saat malam hari dan keesokan harinya harus beraktivitas kembali, dan maka kebiasaan tersebut telah membentuk sebuah pola terhadap tubuh kamu yang telah menyesuaikan dengan aktivitas tersebut. Bahkan setiap saat ketika hampir setiap perbincangan yang menjadi topik adalah tontonan yang sangat menyenangkan misal Piala Dunia, bagi kamu penggemar sepak bola mau tidak mau harus begadang demi menyaksikan tim kesayangannya saat bertanding yang disiarkan di tv pada malam hari, dan bahkan dini hari, dan maka itu kamu memiliki tuntutan harus begadang. 

Bagi kamu yang sering begadang atau hampir setiap harinya begadang harus tau kebiasaan ini sungguh sangat berdampak buruk bagi kesehatan salah satunya mengurangi sistem imun dan memperlambat peredaran darah. Namun hal tersebut terkadang begadang bukanlah pilihan. Sebab ada sesuatu hal atau profesi yang memang mengharuskan kita untuk kerja malam atau pun hanya sekedar begadang.

Lalu bagaimanakah cara agar badan tetap sehat, walau hampir setiap malam selalu begadang? Berikut Tips Sehat Ketika Begadang :

Tips Sehat Ketika Begadang


1. Air Putih dan Madu
Siapkan air putih dan madu ketika kamu ingin begadang, karena tubuh akan memerlukan stamina yang lebih dan stamina akan terkuras banyak jika kamu kurang air putih dan madu. carilah air putih dan madu karena dapat menjaga stamina dan daya tahan tubuh. 

2. Banyak Istirahat Siang Hari
Ketika kamu ingin begadang, pastikan saat siang hari sudah banyak istirahat bisa dengan cara tidur siang atau sekedar relaksasi, atau ketika kamu sudah begadang semalaman maka banyak istirahat disiang hari.

3. Lakukan Aktifitas Fisik
Ketia rasa kantuk sudah benar-benar tidak bisa di ajak kompromi untuk begadang, jangan biarkan tubuh kamu hanya diam dengan posisi duduk, posisi tidur, atau hanya diam saja. Kamu bisa Coba melakukan aktivitas yang bersifat melancarkan peredaran darah. Misal kamu melakukan jalan-jalan kecil, push up, atau olah raga yang bersifat ringan. Agar badan panas dan darah mengalir lancar. Dengan begitu rasa ngantuk akan menghilang karena efek dari aktivitas fisik yang sudah kamu lakukan.

4. Hindari Angin Malam Secara langsung
Ketika kamu sudah begadang,jauhi atau hindarilah untuk terkena angin malam secara langsung. Carilah seseuatu hiburan didalam rumah agar kamu tidak ingin keluar rumah dan dengan begitu tidak akan terkena angin malam. kamu bisa menggunakan jaket atau sweater agar tubuh dapat terlindungi dari angin malam.

5. Makan Makanan yang Sehat
Pasti ketika begadang kamu akan merasakan sesuatu hal yang mana perut sudah mulai berbunyi yaitu lapar. Ada beberapa hal ketika kamu begadang dan merasakan lapar yaitu makan makanan yang sehat. Makanan sangatlah penting untuk dijaga kandungan gizi serta kebersihannya. Sebab lewat makananlah kesehatan anda akan terjaga. Dengan selalu mengonsumsi makanan sehat maka akan baik bagi tubuh.

6. Hindari Mandi Pagi Setelah Begadang
Ketika kamu begadang, maka hindari yang namanya mandi dipagi hari. Jika memang sudah terbiasa mandi pagi sebaiknya tahan dulu untuk mandi pagi setelah begadang. Apalagi jika  keramas dan menyiram kepala anda. Setidaknya hal itu menyebabkan sakit kepala serta flu yang parah. Maka hindari hal tersebut. Kamu bisa membasuh muka dan sikat gigi, membasuh tangan dan kedua kaki sampai bersih dan terlihat kembali segar.


Demikian dari beberapa tips dan sebenarnya masih banyak tips yang lain seperti hindari ngemil makanan berminyak dan lain-lain. Semoga dari beberapa tips diatas, kesehatan  tetap terjaga walupun aktifitas malam terus bertambah.