Latest News

6 Fakta Menarik Tentang Tokek

Idbaca.com - Tokek adalah hewan yang sudah banyak orang mengetahui dalam bentuk fisik. Hewan ini memang hampir mirip dengan cicak namun memiliki ukuran tubuh yang lebih besar. Hanya dengan melihat pastinya sudah tau perbedaan antara tokek dan cicak. Ada beberapa jenis tokek yang tersebar di Asia tenggara, selatan dan utara.

Pada umumnya banyak orang hanya mengenal tokek rumah dan tokek hutan dan biasanya tokek hutan memiliki tubuh yang lebih besar hingga 2-3 kali dari tokek rumah. Selain mudah untuk dipelihara karena tidak memerlukan perawatan khusus tokek juga memiliki beberapa fakta unik yang jarang orang mengetahuinya.

6 Fakta Menarik Tentang Tokek


Fakta unik Tokek #1
Tokek merupakan hewan malam atau dalam bahasa lain disebut nokturnal, jarang sekali menemukan tokek yang keluar pada siang hari dan mengeluarkan suara. Hewan ini pada umumnya keluar pada malam hari setelah matahari terbenam. Mereka keluar untuk mencari makan seperti serangga misalnya semut, jangkrik dan serangga-serangga lainnya.

Lihat juga : Fakta tentang cicak

Fakta #2 Tentang Tokek
Hampir semua ukuran tokek tidak sama, dan ada juga dalam beberapa kasus tokek juga dapat mencapai 4kg. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor usia dan faktor gen.

Lihat juga : Fakta tentang Kalajengking

#3 Fakta 
Tokek memiliki kelebihan dalam menyesuaikan diri. Misalnya dalam kondisi panas karena cuaca tokek masih bisa hidup. Sebagai contoh anda bisa meletakkan tokek pada atap rumah dan pastinya tubuh nya bisa langsung menyesuaikan suku keadaan sekitar.

Fakta tentang jenis tokek #4
Tahukan Anda bahwa tokek memiliki beberapa jenis. Ada tokek yang memiliki tubuh bewarna kuning dan ada pula yang hijau.

#5 Fakta tentang kutub dan tokek 
Seperti yang sudah dijelaskan tokek memang bisa hidup walaupun dalam cuaca yang exrim. Tetapi bila anda pergi ke bagian kutub utara yang hanya ada es disana tidak akan ditemukan tokek. Hal ini bukan tidak ada alasan, sebab di kutub tidak ada serangga yang bisa untuk dimakan.

#6  Tokek bisa memutuskan ekor
Sama halnya dengan cicak hewan yang satu ini juga memiliki keunikan untuk melindungi diri dari musuh yaitu dengan cara memutuskan buntutnya. Tetapi walaupun begitu pertumbuhan kembali buntut tokek sangat lambat dibandingkan dengan buntut cicak yang lebih cepat. Buntut Tokek juga digunakan sebagai penyeimbang saat berjalan di pepohonan atau di atap.