Latest News

Manfaat Ajaib Apel Bagi Tubuh

idbaca.com - Manfaat Ajaib Apel Bagi Tubuh - Buah Apel merupakan buah yang sudah banyak diketahui oleh lapisan masarakat .Salah satu buah yang identik dengan warna kulit buah yang merah ini sangat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh dan bahkan dapat mencegah penyakit, tentu saja banyak yang mengkonsumsi buah ini untuk diet sehat. Hampir semua orang tentu tak asing lagi dengan bentuk dan rasa apel itu sendiri. Buah yang memiliki rasa khas ini banyak tersedia di pasar, supermarket atau tempat perbelanjaan yang lebih besar. Apel dikategorikan sebagai buah-buahan yang memiliki banyak kandungan nutrisi serta vitamin yang dapat berperan penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan tubuh seseorang. Maka itulah, dilihat dari manfaat dan cara mendapatkanya yang tidak terlalu susah mulailah untuk rutin mengkonsumsi buah ini, guna menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit. Lalu, apa saja manfaat ajaib apel bagi kesehatan tubuh ?


Manfaat Ajaib Apel Bagi Tubuh



Banyak sekali manfaat buah apel yang akan anda dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin. Tak mengherankan lagi, masyarakat modern pada zaman sekarang ini selalu menyelingi berbagai macam buah dalam menu hariannya tak terkecuali dengan buah apel itu sendiri. Buah cantik ini juga banyak digunakan untuk program diet karena mampu memenuhi kebutihan nutrisi,vitamin serta serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat apa saja yang didapatkan dari sebuah apel? mari kita bahas satu persatu.


Manfaat Apel Untuk Diet


Sudah banyak orang memanfaatkan buah apel untuk program diet. Bukan hanya masyarakat indonesia saja, tetapi sudah terkenal di jagad raya. Lalu bagaimana apel dapat membantu diet harian anda agar sukses ? Cara kerja apel untuk diet hampir sama dengan manfaat beras merah yaitu dengan kandungan seratnya yang sangat tinggi, buah apel ini banyak digunakan untuk diet karena membuat rasa kenyang lebih lama pada lambung kita. Setelah kita mengkonsumsinya maka otomatis rasa lapar akan hilang dan itulah peran serat yang ada pada buah apel ini akan membuat rasa kenyang lebih lama dan akan membuat anda hilang dari rasa kelaparan. Mengapa buah apel baik untuk diet? perlu diketahui bahwa buah apel tidak memiliki kandungan lemak dan kaya akan serat jadi aman untuk diet dan aman untuk usus anda.


Manfaat Apel Untuk Kesehatan


kali ini dari berbagai manfaat buah apel bagi tubuh anda, ada beberapa manfaat ajaib buah apel yang akan dibahas. Berikut..


1. Menyehatkan Organ Jantung

Buah apel dapat menyehatkan organ jantung anda. Hal ini dikarenakan, adanya kandungan senyawa berupa fenolik yang terdapat pada kulit apel. Untuk itulah, Cuci dahulu buah apel yang akan anda makan dengan air yang mengalir.


2. Mencegah Diabetes

Selain menyehatkan jantung ternyata juga dapat mencegah dari bahaya diabetes. Buah apel memiliki kandungan serat larut yang mampu menangkal datangnya penyakit diabetes. Maka dari itu jika anda tahu bahaya dari penyakit diabetes mulailah untuk rutin mengkonsumsi apel tiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh agar terjaga dari serangan penyakit berbahaya seperti diabetes.


3.Kesehatan Otak

Telah terbukti bahwa buah apel dapat digunakan untuk melindungi sel-sel neuron yang dapat mencegah stres oksidatif yang disebabkan neurotoksisitas dan berperan penting untuk mengurangi risiko gangguan neurodegenerative, seperti penyakit Alzheimer.


4. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Apel merah memiliki kandungan antioksidan yang bernama quercetin. Penelitian terbaru menemukan bahwa quercetin yang terdapat pada buah apel dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh, agar seseorang tidak mudah sakit pada saat kondisi cuaca tidak bersahabat terutama ketika pikiran sedang dalam keadaan stres.


5. Mengatasi Diare Dan Sembelit

Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah apel dapat membantu melancarkan sistem pencernaan seperti diare dan sembelit pada perut. Serat baik dapat menarik air keluar dari usus sehingga menjaga komponen didalamnya untuk bergerak sepanjang hari untuk mendukung sembelit Sehingga gangguan kesehatan seperti diare maupun sembelit tidak akan anda alami lagi.


6. Pencegah dan Obat Kanker 

Manfaat yang luat biasa ini akan anda dapatkan pada buah apel yaitu sebagai pencegah maupun obat kanker. Tahukan anda? bahwa buah apel memiliki senyawa triterpenoid yaitu yang terdapat pada kulit buah apel itu sendiri. Diketahui zat tersebut mampu menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara, lever, dan gejala kanker usus besar. Buah apel juga memiliki sejumlah zat yang dapat membantu mengurai resiko kanker termasuk juga beberapa aktivitas antimutagenetik, aktivitas antioksidan, mekanisme anti inflamasi, anti proliferatif dan proses apoptosis-inducing yang diterbitkan pada jurnak Planta Medica. Jadikan buah apel untuk konsumsi harian anda agar tubuh tetap terjaga dari penyakit mengerikan ini dan tubuh selalu sehat.


7. Mencegah Katarak

Kandungan antioksidan dalam buah apel ini dapat mencegah katarak pada mata. Dengan rutin mengkonsumsi buah apel tiap harinya, Maka berperan besar mencegah munculnya berbagai gangguan kesehatan pada organ mata yaitu salah satunya adalah katarak. 


8. Mencegah Batu Empedu

Tahukan anda bagaimana terbentuknya batu empedu? Batu empedu terbentuk ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam empedu sehingga ia cenderung mengeras. Efek jangka pendeknya adalah sangat memungkinkan anda akan obesitas. Maka solusi yang tepat  yaitu dengan mengkonsumsi buah apel. Karena buah ini mengandung serat yang sangat tinggi yang baik untuk kesehatan sehingga mampu mengontrol kadar kolestror yang ada dalam tubuh anda dan terjaga dari batu empedu.


9. Menyehatkan rongga mulut dan gigi

Banyak yang sudah mengetahui bahwa buah apel dapat membantu dalam menjaga gigi agar tetap sehat. Tahukan anda bahwa buah apel bukan hanya menjaga kesehatan gigi, Mengkonsumsi buah apel dengan langsung mengunyahnya dapat merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut.


10. Mencegah Wasir

Tahukah anda apakah itu wasir? Wasir merupakan urat bengkak yang terdapat di area anal walau sendiri tidak berdampak pada kematian, penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah ini terasa sangat menyakitkan. Penyakit ini pada umumnya disebabkan karena terlalu banyak tekanan di daerah panggul dan dubur. Jika anda mendapati sakit wasir maka rutin konsumsi buah apel, karena kandungan kaya serat pada buah ini dapat meringankan wasir. Kandungan serat pada buah apel dapat mengurangi mengejan terlalu ‘ekstrim’ saat anda pergi ke kamar mandi dan dengan demikian membantu meringankan wasir.



Artikel Kesehatan Lainnya :

  1. Konsumsi ubi jalar dan dapatkan manfaat untuk kesehatan
  2. Manfaat tomat untuk kesehatan
  3. Hindari terlalu banyak makan tomat
  4. Khasiat air kelapa muda bagi tubuh
  5. Manfaat hebat air kelapa untuk ibu hamil
  6. Manfaat luar biasa terong bagi kesehatan
  7. Manfaat ajaib alpukat bagi kesehatan
  8. Manfaat buah durian untuk kesehatan
  9. Manfaat luar biasa timun suri bagi tubuh
  10. Ketahui dahsyatnya dari manfaat madu