Latest News

Konsumsi Ubi Jalar dan Dapatkan Manfaat Untuk Kesehatan

idbaca.com - Konsumsi Ubi Jalar dan Dapatkan Manfaat Untuk Kesehatan - Siapakah yang belum tahu apa itu buah bernama ubi jalar? Apakah Anda pernah memakan ubi yang berwarna ungu? Ya ini termasuk jenis ubi yang memiliki rasa manis yang kuat dibandingkan dengan jenis ubi kuning atau ubi putih. Walau ubi jalar umunya dipandang sebagai makanan dari kampung dan banyak orang yang tidak terlalu suka karena rasa daging buahnya yang terlalu lembek. Namun ternyata kandungan nutrisi dan senyawa yang ditemukan dalam ubi ungu melebihi dari jenis ubi yang lain. Ubi ungu sangat baik untuk mendukung kesehatan anda. Ubi jalar memiliki khasiat yang dapat digunakan untuk mengobati tekanan darah anda dan memiliki kandungan serat yang dapat digunakan untuk menetralkan radikal bebas didalam tubuh.
Konsumsi Ubi Jalar dan Dapatkan Manfaat Untuk Kesehatan

Nah tidak ada ruginya kita mengkonsumsi ubi jalar warna ungu selain sehat juga buah ini mudah didapatkan dan memiliki harga yang tidak mahal. Ubi jalar ungu memiliki senyawa diantaranya copper, lysin,magnesium,potassium,zinc yang berkisar 20%. Selain memiliki senyawa diatas, juga memiliki kandungan vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C dan beberapa kandungan mineral yang ada didalam ubu jalar ungu yaitu Zat besi, kalsium, dan Phospor.

Berikut ini beberapa manfaat yang akan anda dapatkan setelah mengkonsumsi ubi jalar ungu


1. Sumber Antioksidan yang Tinggi

Dengan mengkonsumsi ubi jalar ungun anda akan mendapatkan satu manfaat yang baik untuk tubuh yaitu mendapatkan antioksidan yang berguna untuk menetralisir pengaruh buruk dari polusi udara. Senyawa antioksidan akan mencegah oksidasi didalam tubuh dan mencegah timbulnya penggumpalan darah.


2. Mencegah Penyakit Jantung

Rajin-rajin dalam mengkonsumsi ubi jalar ungu maka anda bisa mendapatkan banyak manfaat dan diantaranya dapat mencegah terhadap penyakit jantung. Ubi jalar memiliki Kandungan senyawa yang disebut antosianin yang sangat tinggi dalam ubi ungu. Sebuah penelitian membuktikan bahwa antosianin yang ditemukan didalam ubi jalar ungu ini sangat penting untuk menjaga aliran darah, mencegah pembekuan darah dan juga dapat membuat jantung menjadi lebih sehat. Hal inilah yang bisa membuat konsumsi ubi ungu memang penuh dengan khasiat.


3. Menangkal Kanker

Ubi satu ini yang memilki warna ungu ternyata warna ungu sendiri merupak pemasok atu sumber senyawa karotenoid yakni betakaroten sertavitamin A. Senyawa tersebut akan memberikan perlindungan terhadap paru-paru anda dan juga mencegah munculnya kanker paru maupun kanker mulut. Maka hanya dengan mengkonsumsi ubi jalar ungu, anda sudah mendapatkan keuntungan yang sehat bagi tubuh anda yaitu menangkal kanker.


4. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat sehat yang akan anda dapatkan jika mengkonsumsi ubi jalar ungu ini adalah mendapatkan unsur yang sangat penting yaitu Vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata.Selain vitamin A, Ubi ungu mengandung beberapa unsur penting lainya yaitu seperti antosianin, lutein dan zea-xanthin. Semua senyawa ini dapat membantu kesehatan mata dengan memberi perlindungan pada lensa mata dari radikal bebas. Selain itu juga bisa membantu mencegah kerusakan bagian lapisan makula mata.Maka Ini sangatlah penting untuk melindungi mata anda dari katarak, penurunan fungsi lensa dan rabun.


5. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Jika anda adalah penderita diabetes maka ubi jalar ungu tepat untuk anda dan sangat baik untuk membantu mengendalikan kadar gula dalam darah.Ubi jalar ungu sendiri memiliki kandungan karbohidrat yang sangat lembut dan juga dapat mengendalikan kadar gula darah secara alami. Meskipun ubi jalar ungu sendiri memiliki rasa khas yitu rassa yang sangat manis daripada ubi lainya namun ubi jalar ungu sama sekali tidak membuat efek meningkatkan kadar gula darah. Kandungan rasa manis alami ini masih dianggap sangat normal dan aman bagi darah anda. Hanya dengan mengkonsumsi ubi jalar ungu ternyata juga dapat menggantikan makanan pokok kita yaitu nasi, Walaupun kita tidak bisa terlepas dari nasi namun tidak ada salahnya ubi jalar ungu adalah solusi tepat sebagai penggantinya selain mengenyangkan perut juga memiliki khasiat sehat yang baik untuk tubuh anda.


6. Membantu Kepadatan Tulang

Tidak ada rugi jika mengkonsumsi ubi jalar ungu karena ubi jalar ungu mengandung kalsium yang cukup tinggi. Hanya dengan rutin mengkonsumsi ubi jalar ungu maka anda akan memiliki tulang yang padat dan mencegah berbagai penyakit yang menyerang tulang. Kalsium yang ada didalamnya sangatlah penting dalam menjaga struktur tulang sehingga bisa melindungi tubuh dari osteoporosis. Tidak ada batasan unutk mengkonsumsi ubi jalar ungu, Namun ubi jalar ungu sangat baik jika dikonsumsi wanita yang akan memasuki masa menopause atau usia dewasa. Tidak hanya wanita saja tetapi semua orang dapat mengkonsumsinya karena kandungan yang ada didalam ubi jalar ungu sangat baik untuk kesehatan.


7. Membantu Proses Pencernaan

Jika anda sering mengalami masalah dengan pencernaan, maka tidak perlu repot untuk mencari obat lain. Hanya dengan ubi jalar ungu saja maka pencernaan akan lancar. Ubi jalar  ungu sangat baik untuk membantu tubuh ketika melawan berbagai efek pencernaan yang buruk. Kandungan serat yang ada dalam ubi jalar ungu sangat baik untuk menjaga gerakan usus anda terutama usus besar. Kandungan Serat larut dalam ubi ungu memang tidak terlihat jelas tapi bisa membantu tubuh Anda melawan sembelit, buang air besar yang tidak lancar dan gas berlebihan. Ketika Anda mengalami masalah ini maka disarankan untuk makan ubi ungu yang sudah direbus atau dikukus.


9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan yang ada dalam Ubi ungu yaitu sumber antioksidan yang sangat tinggi seperti  vitamin E, senyawa antosianin, serta vitamin C. Semua sumber nutrisi ini sangat penting untuk memelihara kesehatan tubuh. Bahkan bisa mengaktifkan tubuh untuk mendapatkan sel yang bermanfaat.Maka dengan mengkonsumsi ubi jalar ungu secara keseluruhan ubi jalar ungu sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan dan menjaga agar tubuh tetap dalam kondisi sehat.