Latest News

Manfaat Luar Biasa Terong Bagi Kesehatan

idbaca.com - Terong adalah salah satu jenis sayuran bewarna ungu yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat luar biasa. Terong biasa digunakan dalam bentuk masakan yang biasa juga dikombinasikan dengan bahan lain. Terong memiliki banyak jenis seperti terong ungu, terong belanda, terong bulat, dan lain lain. Selain harga yang murah juga terong mudah didapatkan sebagai bahan masakan. Kandungan yang terdapat dalam terong yaitu kalsium, mineral, kaya serat, bioflavonoid serta vitamin K. Kita mungkin sudah sering mengkonsumsi sayuran ini tanpa mengetahui begitu besarnya khasiat sayuran terong tersebut. Sangat banyak kandungan gizi yang tersimpan didalam terong dan tanpa disadari kita mendapatkan manfaat dari terong tersebut

Manfaat Luar Biasa Terong Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi 

  • Niacin Kandungan yang ada pada terong berupa niacin atau juga dikenal sebagai vitamin B-3. Vitamin ini dapat larut dalam air sehingga dapat menggabungkan berbagai enzim yang dapat memecah lemak, protein, karbohidrat dan alkohol untuk menghasilkan energi.
  • Riboflavin atau biasa disebut Vitamin B-2 Dapat memberikan kontribusi pada profil gizi terong. Riboflavin ini dapat bekerja dengan enzim yang berbeda dalam tubuh yang mengubah menjadi karbohidrat, protein, lemak menjadi energi.Kandungan ini juga dapat mendetoksifikasai bahan kimia yang berbahaya dan juga dapat mendukung pemecahana dan penghapusan obat.
  • Tiamin atau juga biasa disebut Vitamin B-1 adalah jenis vitamin B-Kompleks yang dapat larut dalam air. Kandungan tersebut sama fungsinya seperti Niacin dan Riboflavin yang berperan untuk produksi energi dari pemecahan makanan.
  •  Folat. Kandungan ini berperan sebagai kofaktor kimia dalam produksi bahan selular baru. 
  • Vitamin E dan K Fungsi dari vitamin E sendiri yang ada dalam terong yaitu sebagai antioksidan yang dapat melindungi jaringan dari kerusakan yang disebebkan oleh bahan kimia atau biasa disebut radikal bebas. Vitamin K mendukung sistem pembekuan darah dengan membantu produksi yang diperlukan protein.
  • Nasunin Merupakan jenis senyawa antioksidan. Ternyata kandungan nasunin dalam terong memiliki kemampuan antiangiogenic yang berfungsi sangat baik untuk mencegah perkembangan kanker dan dapat meningkatkan suplai darah dalam tubuh. 



Manfaat Luar Biasa Terong Bagi Kesehatan



1.Makanan Sehat Untuk Otak

Kandungan dalam terong berupa nutrisi phyto yangmerupakan salah satu nutrisi yang sangat tepat dan sangat di butuhkan oleh organ otak anda.Untuk anda yang ingin memilih makanan yang baik untuk nutrisi otak anda maka pilih terong sebagai makanan yang tepat karena selain mudah didapatkan dan harga yang terjangkau, buah ini sangat baik untuk tubuh anda. 


2. Membantu Pencernaan

Terong memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga bisa dijadikan solusi bagi anda yang mempunyai msalah dengan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam terong selain dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan juga dapat menghindarkan kanker yang bisa menyerang usus besar anda.


3. Mencegah Diabetes

Terong dapat mencegah diabetes dikarenakan terong merupakan salah satu sumber serat dan rendah karbohidrat yang dapat larut dengan sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes.


4. Menyehatkan Jantung

Kandungan pada terong ini ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang beresiko membahayakan organ jantung tersebut. Bagi anda yang memiliki masalah dengan jantung, maka terong adalah makanan yang dapat dijadikan sebagai makanan rutin untuk anda agar jantung menjadi lebih sehat.


5. Pengontrol Tekanan Darah Tinggi

Salah satu Kandungan yang terdapat dalam terong yaitu berupa bioflavonoid yang berperan besar untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa mengancam kualitas kesehatan tubuh anda.


6. Menyehatkan dan Menguatkan Tulang 

Seperti yang telah dibahas diatas, Terong memiliki kandungan zat berupa kalsium. Kandungan kalsium dalam terong dapat memperkuat dan mempertahankan kekuatan sendi dan tulang.


7. Pencegah Anemia

Untuk anda yang memiliki penyakit anemia maka konsumsi terong dapat memberikan perubahan baik. Kandungan yang terdapat dalam terong yaitu berupa zat besi yang juga dapat membantu mencegah anemia atau kurang darah.



Artikel Manfaat Luar Biasa Lainya...
  1. Manfaat ajaib alpukat bagi kesehatan
  2. Buah super untuk kesehatan anda
  3. Konsumsi ubi jalar dan dapatkan manfaat untuk kesehatan
  4. Manfaat buah durian untuk kesehatan
  5. Ketahui dahsyatnya dari manfaat madu
  6. Manfaat luar biasa timun suri bagi tubuh