Latest News

7 Fakta Unik Tentang Capung

Idbaca.com - Capung adalah salah satu hewan yang sering dijumpai pada taman-taman juga sekitaran rumah kehadirannya sangat mudah untuk dijumpai. Namun saat ini capung sangat susah untuk dijumpai karena semakin habis populasinya. Capung sama halnya dengan kupu-kupu yang akan mengalami metamorfosis namun tidak sempurna seperti kupu-kupu.


7 Fakta Unik Tentang Capung

1. Fakta capung pertama #1 Capung merupakan hewan purba karena keberadaannya sudah ada sejak 300 juta tahun yang lalu. Pernah ditemukan capung raksasa dengan sayang yang memiliki lebar mencapai 3 meter.

2. Fakta unik kedua #2 Lebih dari 5000 spesies ada di seluruh penjuru dunia di Amerika capung saja ada sekitar 400 spesies yang berbeda.

3. Pastinya kamu pernah melihat capung yang berada diatas air, hal yang dilakukan capung saat diatas air adalah meletakkan telur-telur nya yang kemudian menjadi larva. Capung juga sangat baik mempertahankan wilayahnya sampai melakukan pertarungan untuk tetap bertahan.

4. Capung merupakan hewan yang ganas karena mereka adalah hewan pemakan daging, Capung saat masih menjadi larva akan makan ikan-ikan yang kecil dan ketika sudah dewasa mereka akan makan nyamuk. Bila disekitar rumah memiliki banyak capung hal ini bisa membuat atau mengusir nyamuk yang ada.

5. Saat menjadi capung hidupnya hanya singkat mereka hidup beberapa minggu saja. Capung sebenarnya menghabiskan waktu pada saat menjadi larva dimana selama 3 tahun yang akhirnya menjadi capung dewasa. 

Baca juga : Fakta unik Tokek

6. Anda pasti mengetahui capung bila diamati mereka memiliki sayang yang lebih panjang pada bagian depan . Dengan keadaan seperti ini capung dapat melakukan berbagai atraksi di udara misalnya saja dengan terbang menyamping, kebelakang dan berbagai atraksi lainnya.

7. Capung memiliki mata  yang besar dan memiliki mata dan bentuk yang bersegi-segi. Hal ini akan memudahkan capung melihat mangsa atau musuh dari berbagai arah dengan mata yang serba bisa melihat dari segala arah.