Latest News

Rahasia dari Manfaat Air Beras Bagi Kesehatan

Idbaca.com-Rahasia dari Manfaat Air Beras-Beras merupakan salah satu dari banyak makanan yang dijadikan sebagai makanan pokok oleh sebagian negara di dunia dan bahkan hampir seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari perkotaan hingga pelosok negeri, apalagi kebanyakan diantara masyarakatnya juga berprofesi sebagai petani. Beras yang diolah atau dimasak menjaadi nasi memang memiliki rasa yang khas dan nikmat untuk kebanyakan orang jika dihidangkan dengan campuran lauk – pauk.

Beras tidak hanya dijadikan sebagai nasi biasa saja, tetapi banyak orang yang menjadikan beras yang diolah menjadi nasi dijadikan sebagai hidangan dengan berbagai menu masakan. Beras yang telah dijadikan nasi juga dapat dimasak kembali menjadi berbagai menu masakan. Inilah yang menjadikan beras menjadi sesuatu kebutuhan pokok dan selalu dicari oleh banyak orang  untuk diolah.

Rahasia dari Manfaat Air Beras Bagi Kesehatan

Mengapa harus beras? Hal inilah yang menjadikan beras banyak dicari dan dijadikan sebagai bahan makanan pokok karena memiliki kandungan gizi yang cukup banyak,mulai dari karbohidrat dan sangat cocok bila dicampurkan dengan bahan-bahan tambahan lainnya, Namun jangan salah tak hanya berasnya saja yang bermanfaat namun juga air bekas cucianya atau yang biasa dikenal dengan nama air tajin. Sebagian banyak orang mungkin menganggap air bekas cucian beras tersebut sebagai limbah yang harus dibuang. Namnun harus anda ketahui bahwa ada manfaat dari air tajin tersebut. banyak yang menganngap karena selain karena kotor jika dibiarkan dalam waktu lama juga menimbulkan bau yang kurang sedap. Namun ternyata manfaat yang terkandung di dalamnya sangatlah banyak.

Ingin tahu apa saja manfaat dari air beras? berikut beberapa penjelasan dari Rahasia dari Manfaat Air Beras Bagi Kesehatan


1. Sebagai Pengganti Air Susu

Ternyata dari air cucian beras yang sudah direbus atau yang lebih dikenal dengan nama tajin yang biasa dibuat untuk makanan pengganti susu, bukan tanpa alasan lagi jika khasiatnya cukup besar, meskipun juga ternyata air cucian beras tersebut dapat digunakan sebagai pakan ternak, hasilnya tak kalah dengan ternak yang makan dadak tiap harinya. Menakjubkan bukan? itulah mengapa hrus memeanfaatkan air beras.


2. Mengurangi Rambut Rontok

Telah banyak orang yang memanfaatkan air beras sebagai bahan untuk pengobatan rambut rontok. Seorang yang memiliki rambut yang tipis tentunya akan membuat rasa percaya diri semakin turun, apalagi ditambah dengan adanya masalah seperti kerontokan, tak perlu lagi anda khawatir karena anda bisa mengatasinya dengan beberapa tahap cara cara yang begitu sederhana, yaitu menggunakan air cucian beras untuk keramas, gunakan secara teratur selama beberapa menit lalu cuci rambut anda menggunakan shampo hingga rambut benar-benar bersih, menggunakan air beras juga memiliki manfaatnya dapat menguatkan akar rambut anda.


3. Mencerahkan Wajah

Begitu banyak orang yang memiliki masalah pada wajah yang kurang cerah. Terkadang masalah tersebut dapat menurunkan kepercayaan dari anda. Bagi anda yang memiliki kulit wajah kusam dan juga berjerawat tak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk perawatan ke dokter kecantikan maupun menggunakan produk-produk yang belum tentu aman, maka dari itu cukup menggunakan air cucian beras tersebut untuk mencuci muka secara teratur, maka secara bertahap kulit wajah anda akan tampak lebih bersih dan cerah.


4. Mengatasi rambut rusak


Seperti halnya anda memiliki rambut rontok juga rambut anda rusak maka tidak ada salahnya anda mecoba tips dengan memanfaatkan air cucian beras . Bagi anda yang terbiasa menggunakan produk yang belum jelas kandungannya, bahkan anda juga yang sering kali melakukan catok, mewarnai hingga menggunakan hairdryer terkadang kerusakan mudah sekali terjadi para rambut, Anda bisa mengatasinya menggunakan cara yang mudah dan murah tanpa harus ke salon, yaitu cukup menggunakan air cucian beras untuk keramas.


5. Melembutkan Kulit

Terkadang hanya dengan kulit yang putih pun tidak cukup, banyak orang yang menginginkan kulit selain putih juga lembut. Bahkan mandi pun menggunakan susu tentunya sudah sering kali dilakukan, namun bagaimana dengan menggunakan air cucian beras?, tentunya belum pernah ada yang mencoba bukan, padahal anda hanya dengan mudah memanfaatkan cucian air beras dan dapat merasakan manfaatnya dan hasilnya pun sangat baik dalam melembutkan kulit yang bersisik dan kusam. Hal ini tentunya karena air cucian beras memiliki kandungan protein glutein, selulosa, hemiselulosa, gula dan banyak vitamin.


6. Mengontrol Minyak Berlebih

Anda memiliki kulit berminyak? Memiliki kulit berminyak memang sangat-sangat menyebalkan karena  rentan terhadap masalah baru misalkan saja akan tumbuh jerawat. Bagi anda yang memiliki masalah tersebut tidak perlu khawatir dan anda cukup dengan mudah untuk mengatasinya dan juga tergolong murah jadi tidak susah dan juga tidak mahal, cukup menggunakan air cucian beras tersebut untuk mencuci muka tiap pagi hari secara teratur, lama kelamaan kontrol minyak menjadi normal dan kulit menjadi lebih putih.


7. Menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat

Tentunya dari beberapa penjelasan diatas, selain Mengontrol Minyak Berlebih, Melembutkan Kulit,Mengatasi rambut rusak,Mengurangi Rambut Rontok,Mencerahkan Wajah,Sebagai Pengganti Air Susu. Dari beberapa ulasan diatas juga ternyata air cucian beras dapat menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat .Nah,cukup menggunakan air beras, kita dapat kedua manfaat tersebut. Caranya yaitu dengan memanfaatkan endapan air bekas cucian beras sebagai masker wajah.

Meskipun tergolong sebagai limbah yang sering kali terbuang, namun air cucian beras mengandung berbagai manfaat dan kandungan yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan bahkan untuk kecantikan, jadi bagi anda yang sering mencuci beras maka dengan beberapa tips diatas, tidak ada salahnya untuk mencoba dan juga jangan buang air cucian beras begitu saja, manfaatkan untuk diri sendiri.