Latest News

Cara Membedakan madu yang asli dan palsu

idbaca.com - Tidak mudah memang bagi sebagian mereka untuk membedakan antara madu yang asli dan madu yang palsu bila tidak memiliki pengalaman, bahkan yang sudah mengerti madu sekali pun terkadang masih salah dalam memilih. Untuk memilih madu sebaiknya jangan mudah percaya dengan tulisan yang sering terlihat yaitu 'ASLI'.

Jika hanya dengan mata telanjang sangat sulit membedakan antara madu yang asli dan palsu sehingga diperlukannya beberapa teknik sederhana untuk membuktikannya. Berikut ini adalah cara membedakan madu yang asli dan palsu.

Cara Membedakan madu yang asli dan palsu


Menggunakan kuning telur
Kuning telur yang masih mentah dapat di gunakan sebagai media untuk mendeteksi apakah madu yang dipilih palsu atau memang benar asli. Caranya cukup mudah ambil bagian kuning telur nya dan campurkan dengan 1 sendok makan madu. Aduk dan apabila terjadi penggumpalan pada telur seperti matang itu menandakan bahwa madu memang asli. Hal ini karena madu mengandung asam sedangkan kuning telur mengandung banyak protein sehingga akan mengalami koagolasi.

Menggunakan kertas tisu
Menggunakan media tisu bisa menjadi alternatif yang bisa di gunakan untuk mengetahui ke aslian madu. Biasanya madu asli mengandung sedikit air dibandingkan dengan yang palsu sehingga bila di tuangkan pada tisu madu palsu biasanya membuat tisu menyerap air lebih banyak hingga menembus dibandingkan dengan madu asli yang mengandung sedikit air tidak akan mengalami hal seperti ini.

Menggunakan api
Kandungan serbuk sari makanan yang ada pada madu asli akan mudah terbakar dibandingkan yang palsu yang tidak mudah terbakar karena kandungan zat-zat lainnya. Sehingga api bisa menjadi alternatif untuk mengetahui ke aslian madu tersebut.

Meletakkan madu ke dalam lemari pendingin
Karena kandungan air yang sedikit sekalipun madu di letakkan pada lemari pendingin dengan suhu 0 derajat celcius tidak akan mudah membeku dibandingkan madu yang palsu karena mengandung banyak air.

Menggunakan air
Bila menggunakan api bisa mengetahui madu asli begitu juga menggunakan air. Siapkan air dalam piring lalu tuang madu secukupnya madu yang palsu akan mengalami hal yang biasa saja dan bila itu adalah madu asli akan terjadi perputaran searah jarum jam. Hal ini seperti yang di jelaskan oleh pakar madu, bahwa madu akan lebih membias ke arah kanan.