Latest News

Bahaya Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatan

idbaca.com - Ketika kita duduk pasti ada sesuatu perasaan lega. Duduk merupakan kegiatan yang sangat amat sering dilakukan oleh manusia. Sebuah kegiatan rutin yang tidak terlepas dari kehidupan kita dan tidak memandang berapa umur kita. Banyak sekali waktu yang telah di habiskan pada kegiatan yang satu ini. Jika anda adalah orang yang banyak aktifitas berdiri, duduk merupakan salah satu kegiatan yang sangat membuat anda nyaman. Mungkin saja jika anda duduk di sebuah sofa atau kursi yang lembut, maka akan merasakan sensasi nyaman yang terkadang bisa membuat anda tertidur sambil duduk. Namun bukan berarti jika anda sudah merasa nyaman lalu anda akan terus dalam keadaan duduk. 

Bahaya Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatan


Banyak faktor yang menjadi penyebab kebanyakan orang duduk dalam keadaan waktu lama. Beberapa faktor tersebut yaitu Bagi anda pekerja kantoran, banyak sekali pekerjaan yang harus anda selesaikan dengan hanya duduk di ruang kerja anda. Begitupun anda yang memiliki hobi didepan monitor yaitu yang memiliki hobi berinternet, anda akan duduk selama berjam-jam pun tidak akan pernah merasa bahwa anda sudah duduk terlalu lama. Padahal, jika anda tahu ternyata ada fakta yang mengejutkan bahwa terlalu lama duduk pada aktivitas harian, hal ini akan membahayakan kesehatan pada tubuh anda dan akan mengundang berbagai macam penyakit yang mematikan. Adapun beberapa resiko atau bahaya yang mungkin bisa terjadi jika anda terlalu lama duduk yakni 8 hingga 10 jam dalam keadaan posisi yang sama. Lalu, apa saja bahaya tersebut jika terlalu lama duduk bagi kesehatan tubuh ??



Bahaya Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatan 


1. Sakit Punggung

Apakah anda pernah merasakan sakit punggung jika dalam keadaan duduk terlalu lama ? Kebiasaan ini sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Sakit punggung seperti ini sudah biasa dirasakan orang kebanyakan orang kantoran yang sering duduk dalam waktu yang lama. Sakit punggung ini berada pada posisi bagian bawah atau pada bagian tulang belakang secara keseluruhan. Tahukan anda penyebab sakit punggung ini? ini dikarenakan otot menjadi kaku akibat duduk terlalu lama.


2. Gangguan Fungsi Metabolik

Bahaya yang akan anda dapatkan selain sakit punggung yaitu akan mengalami gangguan fungsi metabolik. Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa seseorang yang duduk terlalu lama sampai berjam-jam akan mendapat gangguan pada sistem metabolisme dalam tubuh. Dari semua efek yang akan ditimbulkan adalah terjadi penurunan kolesterol dalam tubuh. Hal Ini akan mengakibatkan permasalahan kesehatan secara keseluruhan didalam tubuh. Maka hindarilah duduk terlalu lama karena akan menyebabkan gangguan fungsi metabolisme pada tubuh anda.


3. Meningkatkan Risiko Diabetes

Dapat diketahui jika anda adalah sorang wanita,  maka sangat  hindari duduk terlalu lama. dikarenakan duduk terlalu lama dalam waktu selama 7 jam sehari memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena diabetes tipe 2. Maka sangat perlu dihindari bagi anda kaum wanita dikarenakan bila kebiasaan ini secara terus-menerus dilakukan setiap hari, maka anda akan terkena penyakit yang sangat mengerikan ini.


4. Nyeri Leher

Dapat diarasakan jika anda duduk dalam posisi tegak berjam-jam maka akan terasa nyeri pada bagian leher. Hal ini dikarenakan adanya peradangan pada bagian sendi tulang belakang.


5. Mati Usia Muda

Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa jika kita semakin lama dalam keadaan duduk, maka semakin pendek pula usia kita. Dalam hal ini dikarenakan bahwa duduk selama berjam-jam dapat mengembangkan lemak darah pada tubuh anda dan juga membuat kadar kolesterol anda menjadi meningkat. Bahaya yang akan anda alami adalah anda bisa terkena penyakit kardiovaskular yaitu serangan jantung dan juga banyak penyakit lainnya yang menghampiri anda dan dapat menyebabkan kematian.

Artikel Lainnya...
  1. Khasiat air kelapa muda bagi tubuh
  2. Manfaat luar biasa terong bagi kesehatan
  3. Manfaat ajaib alpukat bagi kesehatan
  4. Buah super untuk kesehatan anda
  5. Rahasia dari manfaat air beras bagi kesehatan


Namun dari kabar buruk tersebut ada beberapa solusi yang dapat kita lakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan berbagai dampat buruk akibat terlalu lama duduk dan terhindar dari gangguan kesehatan tersebut. Bererapa Tips solusi yang dapat anda lakukan:


  • Rutin dalam melakukan olahraga dipagi hari setidaknya selama 30 menit dan harus dilakukan setiap hari karena anda akan duduk setiap hari. tips ini merupakan tips untuk menyehatkan seluruh anggota tubuh dan persendian anda. Hal hal semacam ini dapat anda memulainya dengan berjalan santai, berlari pelan, bersepeda atau bahkan berenang.
  • Jika anda serang pekerja kantoran,dapat diusahakan untuk memberikan jeda dalam waktu beberapa menit saat beraktivitas selama kurang lebih setengah jam berturut turut. Jika anda sering memberikan jeda dalam waktu tersebut maka anda sudah memberikan pencegahan efek buruk yang akan datang. Anda dapat melakukan aktivitas jeda berupa jalan di tempat maupun jalan-jalan sebentar keluar ruangan kerja anda.
  • Bagi anda yang memiliki hobi selancar dunia maya atau yang bisa disebut dengan hobi berinternet, ada solusi tips yaitu berikan istirahat pada organ mata anda dan tidak hanya duduk diam dalam posisi yang sama dan mulailah lakukan kegiatan dengan berjalan keluar ruangan selama beberapa menit setelah duduk selama 30 menit di depan layar komputer atau laptop.

  • Perbanyak Minum Air Putih
    Perbanyaklah anda meminum air putih jika anda adalah orang yang selalu bekerja dalam keadaan duduk. Selain minum air putih itu sangat baik bagi kesehatan, hal ini akan ‘memaksa’ anda untuk lebih sering berdiri walau hanya sekadar mengambil air. Hal Ini juga akan memungkinkan anda untuk sering pergi ke toilet karena banyak minum air, dan itulah mengappa alasan perbanyak minum air putih.
Artikel mengenai air putih