Latest News

7 Hal ini perlu dipertimbangkan sebelum menikah muda

idbaca.com - Menikah merupakan harapan setiap orang yang sudah atau belum memiliki pasangan. Tidak sedikit yang merencanakan menikah muda namun sebelum melakukan hal ini sebaiknya pertimbangkan beberapa hal.

Ada beberapa yang perlu dipertimbangkan bila anda akan melaksanakan pernikahan pada usia dini sebelum nantinya merasakan penyesalan di akhir. Seperti yang dikutip dari wolipop.detik.com berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan.

7 Hal ini perlu dipertimbangkan sebelum menikah muda

1. Menyesal dikemudian hari
Penyesalan pasti terletak pada akhir proses oleh karena itulah menentukan atau melaksanakan pernikahan muda berkemungkinan menyesal jika belum siap untuk lahir dan batin. Membangun rumah tangga bukanlah hal yang mudah saat masih berpacaran, selain akan menanggung beban yang lebih berat juga tanggung jawab yang lebih besar sehingga perhitungkan sebelum menikah muda.

Baca Juga :
  1. Zodiak penghasil pria romantis dan seksi
  2. Karakter pria menurut golongan darah
  3. Hal yang membuat dirinya tampak buruk
  4. Tipe-tipe wanita idaman


2. Perceraian itu sulit
Menurut National Center for Health Statistics setengah perceraian yang terjadi karena menikah pada usia yang masih muda dan hubungan kurang dari 10 tahun. Perceraian tidak mudah dan memerlukan biaya yang besar dan pastinya diakhiri dengan penyesalan yang mendalam.

3. Tanggung jawab serta beban yang berat
Menikah berarti siap untuk mengurus rumah tangga seperti merawat anak mengurus suami. tanyakan pada dirimu siapkah untuk melakukan hal ini. Bila 'tidak' sebaiknya urungkan pernikahan itu. Selain menunda pernikahan kamu juga bisa melihat apakah calon kamu bisa bertanggung jawab dan menanggung beban dalam berumah tangga.

4. Stress yang berkepanjangan
Masalah-masalah dalam rumah tangga ketika menikah usia dini akan menyebabkan beberapa hal yang membuat kamu stres. Misalnya saja dalam mengurus anak, permasalahan yang terjadi seperti karena kerabat , keluarga dan lain-lain. Beban pikiran seperti ini akan menjadikan kamu mengalami stres yang berkepanjangan pastinya.

5. Finansial yang stabil
Masa depan harus ditata dengan baik dan bila sudah siap dan mendapatkan hal yang terbaik dan bila menikah belum anda lakukan maka itu masa depan yang harus dikejar. Tetapi bila belum memiliki penghasilan yang stabil maka ini akan menjadi masalah karena banyak hal yang berhubungan dengan finansial seperti membayar tagihan listrik, air dan lain sebagainya, apalagi bagi kamu yang belum memiliki karir.

6. Sulit menemukan pria yang serius dan berkomitmen
Sebelum menikah menentukan pasangan yang siap untuk serius dan berkomitmen sangat penting. Karena menikah bukan karena cinta saja melainkan tanggung jawab dan beban yang lebih berat. Banyak bertanya dan meminta masukan kepada kerabat, teman atau orang tua sangat penting dalam mengambil suatu keputusan.

7. Memilih pasangan hidup itu perlu waktu
Menentukan pasangan hidup tidak mudah, dan tidak hanya bisa langsung yakin dengan satu pria. Menentukan beberapa pria untuk dijadikan pasangan hidup perlu dilakukan karena pastinya wanit tidak ingin menikah lebih dari satu kali.