Latest News

Kebiasaan ini dapat merusak otak anda

Kebiasaan ini dapat merusak otak anda - Otak merupakan organ penting dalam diri manusia yang terletak pada bagian kepala. Sebagai sistem syaraf pada manusia otak tentu harus dijaga dengan baik jangan sampai otak menjadi tidak berfungsi dengan baik karena kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan tanpa disadari seperti yang dikutip dari yudhe.com berikut ini adalah kebiasaan buruk yang dapat merusak otak.

Kebiasaan ini dapat merusak otak anda


1. Tidak sarapan
Mungkin selama ini Anda meremehkan sarapan padahal dampaknya bagi yang tidak sarapan adalah menuju ke otak. Hal ini karena kadar gula dalam darah akan berkurang sehingga nutrisi yang masuk ke otak semakin sedikit sehingga otak mengalami kemunduran untuk proses.

Baca Juga : Manfaat Sarapan di pagi Hari

2. Terlalu banyak makan
Makan yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan seperti salah satunya adalah kesehatan otak. kebiasaan ini dapat menurunkan kekuatan mental yang di kontrol oleh otak.

3. Merokok
Merokok memang tidak baik karena memang sudah jelas bahan-bahan yang dimasukkan ke dalam bahan baku membuat rokok itu sendiri. Dampak bagi otak adalah membuatnya semakin mneyusut sehingga dalam jangka panjang otak akan mengurangi fungsinya dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Lihat Juga : Efek Buruk Merokok Bagi wanita

4. Berlebihan dalam mengkonsumsi gula
Dampak dari berlebihan mengkonsumsi makanan yang terlalu tinggi mengandung gula adalah menghalanginya nutrisi dan gizi yang akan diserap oleh tubuh. Sehingga hal ini bagian atau organ tubuh penting lainnya akan berkurang fungsinya dan salah satunya adalah otak.

5. Begadang atau kuran tidur malam
Tidur sangat penting bagi otak terutama pada malam hari. Tidur akan membuat otak beristirahat walaupun sebenarnya otak tidak sepenuhnya beristirahat. Orang yang kurang tidur atau sering begadang akan menurunkan fungsi otak bahkan membuat sel dalam otak akan mati.

Baca juga : Efek buruk kebanyakan menonton televisi

6. Berfikir keras terutama pada keadaan sakit
Bila anda sedang sakit maka beristirahatlah, jangan memikirkan sesuatu hal terutama ketika tidak mampu nya otak untuk menyelesaikan masalah karena pada saat sakit akan membuat ketidak efektifan otak yang justru membuat otak semakin menurun ke efektifanya.

7. Jarang berfikir atau melatih otak
Kebiasaan anda malas untuk berfikir merupakan hal yang bisa menjadikan otak tidak maksimal. Hal ini akan membuat otak semakin menciut sehingga kurang maksimal. cobalah mengerjakan sesuatu yang juga dibutuhkan otak untuk menyelesaikan masalahnya.

8. Kurangnya komunikasi
Bila kurang bersosialisasi terhadap teman, tetangga atau bahkan keuarga merupakan kebiasaan yang dapat merusak otak. Percakapan intelektual sesungguhnya sangat bermanfaat bagi kesehatan otak.