Latest News

Tips Mudah mengelola waktu lebih efektif

idbaca.com - Pastinya kamu pernah dan sering mendengar pepatah yang berbunyai "waktu adalah uang" pepatah itu bisa dikatakan benar karena memang bila kita dapat mengelola waktu dengan baik pastinya akan lebih bermanfaat baik dalam urusan finansial maupun hal lainnya.

Untuk kamu yang tidak bisa mengelola waktu dan ingin mencoba menjadikannya lebih baik berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dicoba agar dapat menjadi lebih baik.



1. Tuliskan jadwal pada buku khusus atau ditempel pada tembok
Sudah banyak orang melakukan hal seperti ini yaitu menuliskan jadwal pada sebuah kertas atau bisa juga menggunakan smartphone kamu. Dengan menjadwal atau menuliskan seperti ini maka akan membuat kamu tidak lupa apa yang harus dikerjakan. Udahakan jangan sampai melenceng dengan apa yang akan kamu lakukan pada hari ini dan jangan pernah menundanya bila ingat.

2. Membuat jadwal 
Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat jadwal. Hal ini sama pentingnya dengan menulis jadwal. Membuat jadwal berarti merencanakan apa yang akan kita lakukan esok hari dan terutama hal-hal penting yang bisa dilakukan lebih dahulu.

3. Buat waktu untuk menenangkan atau merefresh otak
Bila yang dilakukan hanyalah bekerja dan bekerja tentu membuat kurangnya efektif karena otak yang selalu dipaksakan juga akan semakin kurang produktif. Oleh karena itulah membuat otak lebih tenang dengan melakukan kegiatan seperti bersantai sejenak atau bermain yang membuat otak lebih baik adalah hal penting dalam mengelola waktu.

4. Dekatkan diri dengan jam
Untuk menjadikan hari-hari yang lebih efektif adalah dengan selalu mengetahui jam. Dengan seperti ini pastinya kamu akan lebih efektif dalam mengerjakan sesuatu karena dituntut untuk melakukan kegiatan-kegiatan lain yang memang sudah terjadwal sebelumnya. 

Lihat juga :
5. Kerjakan secara cerdas bukan keras
Kerja keras memang penting dalam menggapai sesuatu namun bila tidak didukung dengan kecerdasan atau pemikiran yang baik maka akan terkesan kurang efektif. Bila bekerja dengan pikirian yang tenang dan memiliki kemampuan berpikir yang baik maka karya yang berkualitas akan menjadi hasil akhir yang membuat pekerjaan yang dilakukan tidak menjadi sia-sia.

6. Media sosial yang menjadi hambatan
Jaman modern seperti ini sebenarnya akan dapat membuat waktu yang lebih baik, namun peran negatif nya adalah banyaknya media sosial yang bisa mengganggu aktivitas kamu. Rata-rata setiap orang hampir membuka media sosial dalam satu hari lebih dari 5 kali hanya untuk membaca dan melihat hal-hal yang mungkin tidak penting.

7. Menonton televisi
Hal yang mempengaruhi hidup yang menjadikan kurangnya efektif waktu-waktu kamu adalah menonton televisi. Manfaat menonton televisi mungkin memang lebih banyak mendapatkan informasi namun lebih banyak pengaruh negatifnya terutama bila untuk masalah waktu.