Latest News

Fakta Unik Tentang Tidur yang Jarang di Ketahui

Idbaca.com - Fakta unik tentang tidur -  Tidur adalah aktivitas yang rutin dilakukan oleh setiap orang dan dilakukan pada malam hari. Dengan tidur dapat membuat stamina menjadi pulih kembali karena rutinitas yang dilakukan seharian. Tidur juga sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan.

Pembaca setia idbaca.com ada beberapa fakta unik mengenai tidur yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Beberapa Fakta unik mungkin Anda pernah mengalaminya. Berikut ini adalah beberapa fakta unik seperti yang dikutip dari merdeka.

Fakta Unik Tentang Tidur yang Jarang di Ketahui


1.  Seseorang yang tidak tidur selama empat hari bisa membuatnya hampir gila
jangan anda Mencoba untuk memecahkan rekor seorang yang tidak tidur selama empat hari bernama Randy gardner. Karena ketika dirinya membuat rekor tidak tidur selama 264 jam dirinya mulai berhalusinasi menganggap bahwa dia adalah Paul Lowe, seorang pemain football yang memenangkan Rose Bowl.

Lihat Juga : Fakta Unik Tentang Keringat

Tidak hanya itu seorang Pria Asal Inggris bernama Tony Wright mencoba tidak tidur selama 11 hari dan hari ke lima dirinya mulai mengalami halusinasi seperti adanya peri-peri kecil dilayar monitor.

2. Tubuh memiliki Alarm alami
Kejadian yang mungkin sering dialami saat tidur adalah terbangun saat tidur sedangkan alarm belum berbunyi. Kejadian ini disebabkan oleh suatu hormon yang dinamakan adrenocorticotropin. Hormon ini memiliki fungsi sebagai penghilang stres saat bangun tidur. Para ahli percaya bahwa hormon adrenocorticotropin sebenarnya dapat dikendalikan namun banyak orang yang belum begitu memahaminya.

3. Beberapa orang memiliki ketakutan tidur
Hal yang juga dialami saat tidur adalah rasa ketakutan. Kejadian ini semacam fobia tidur atau bahasa ilmiahnya disebut Clinophobia atau somniphobia.  Ketakutan seseorang seperti akan mati saat tertidur, mengompol atau halusinasi lainnya yang memang membuat dirinya susah untuk tidur.

4. Membangunkan orang yang berjalan saat tidur dan marah hanya mitos.
Kejadian unik yaitu tidur sambil berjalan atau sleepwalking banyak yang beranggapan berbahaya. Banyak yang bilang orang yang dibangunkan akan marah atau mengamuk. Akan tetapi semuanya bisa dikatakan salah karena mereka yang mengalami sleepwalking  dan dibangunkan hanya akan merasakan malu atau kebingungan.