Latest News

Tips Ampuh Meraih Predikat Cumlaude Untuk Yang Memiliki IQ dan IPK Pas-pasan

Idabaca.com - Apa itu cumlaude? Cumlaude adalah gelar kehormatan yang diberikan kepada mahasiswa S1 dan S2 yang meraih pencapaian berbeda dan biasanya tertulis di ijazah. Gelar cumlaude berarti "dengan kehormatan" atau "dengan pujian".

Anda pasti berpikiran bahwa lulus dengan gelar cumlaude pasti gambarannya mahasiswa kutu buku yang super jenius, pakai kacamata, yang kerjaannya di depan laptop dari pagi sampai malam. Itu adalah salah besar, setiap orang pasti memiliki ciri khas nya masing-masing dengan itu anda pasti bisa mendapatkan gelar itu. Asal tahu rahasianya. Langsung saja cobalah beberapa tips dan trik dibawah ini secara langsung!

Tips Ampuh Meraih Predikat Cumlaude Untuk Yang Memiliki IQ dan IPK Pas-pasan


Duduk di bangku paling depan

Kebanyakan mahasiswa lebih suka duduk di bangku paling belakang, jadi tidak heran kalau bangku terdepan selalu kosong. Padahal duduk di bangku terdepan bisa mendongkrak nilai akhir! Tidak percaya? Rahasianya adalah yang pertama dosen akan lebih banyak memperhatikan Anda, dan menurutnya mahasiswa yang duduk di bangku depan adalah mahasiswa rajin.
Yang kedua, anda akan jauh dari godaan mengobrol atau tidur di kelas. Jadi anda akan selalu mendengarkan dosen.


Siapkan materi sebelum mulai perkuliahan

Pada malam atau sebelum masuk kelas, cobalah untuk membaca materi yang akan disampaikan oleh dosen anda. Sekali sudah cukup, karena cara ini sangat ampun untuk anda yang menangkap pelajaran masih lambat.


Siapkan fisik untuk kuliah

Mulai sekarang kurangilah begadang yang tidak jelas! Karena kuliah itu membutuhkan fisik yang oke. Sehingga saat mendengarkan pelajaran dari dosen bisa anda terima dengan baik, dan jangan biarkan perut anda kosong, usahakan makan terlebih dahulu.


Punya buku sendiri

Meminjam buku di perpustakaan memang baik, tapi kalau kita punya buku sendiri itu lebih baik lagi. Karena jika buku pinjaman tidak boleh ditulisi atau dicoret-coret. Padahal Tulisan sendiri di buku sendiri itu sangat membantu dalam proses belajar.


Aktif di kelas

Jika dosen anda mengajukan pertanyaan, usahakan anda selalu menjawabnya dengan mantap. Jangan malu menunjukan siapa anda. Angkat tangan anda! Dan ketika dosen memberikan kesempatan bertanya jangan pernah sia-siakan. Karena jika anda aktif di kelas otomatis anda akan jadi mahasiswa favorit bagi dosen anda.


Jangan suka titip absen 

Inilah yang sering terjadi di sekeliling kita. Jika dosen kurang ketat, maka titip absen bisa jadi kebiasaan favorit. Padahal kalau di pikir-pikir kita sendiri yang rugi, rugi ilmu, rugi duit, lebih parah lagi rugi karakter. Karena itu adalah kebiasaan buruk yang bisa menular pada masa depan kita.


Catatan sendiri

Kebiasaan buruk yang lain pada mahasiswa adalah malas membuat catatan sendiri. Mungkin ada beberapa mahasiswa saja yang rajin mencatat apa yang diberikan oleh dosen di kelas, dan yang lainnya tinggal memfoto copy  saja. Padahal belajar dengan catatan sendiri itu lebih mudah.


Dekati dosen

Mendekati dosen itu sangat penting sekali. Selain kita bisa di kenal dosen, kita juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita. Banyak sekali manfaat yang kita peroleh jika bisa akrab dengan dosen.