Latest News

Rahasia dan Manfaat Dibalik Olahraga Renang

Idbaca.com - Rahasia dan Manfaat Dibalik Olahraga Renang - Berenang adalah salah satu kegiatan yang dilakukan didalam air. Berenang bisa berupa gerakan kecil ataupun gerakan cepat. Tidak sedikit orang yang suka melakukan kegiatan ini, kegiatan yang biasa dijadikan salah satu kegiatan rekreasi bagi anak-anak, orang tua, dan semua orang yang memiliki hobi renang. 

Para pakar juga menyebutkan bahwa berenang sangat baik bagi tubuh, karena berenang adalah olahraga yang sangat berpotensi bagi kesehatan tubuh dan baik untuk keseimbangan suhu badan. 

Mengungkap rahasia renang, renang merupakan olahraga yang sangat digemari oleh Nabi Muhammad selain menunggangi kuda. Para ilmuan khususnya ilmuan islam meneliti dari manfaat olahraga yang dinamankan berenang dan ternyata hasilnya pun sangat menakjubkan. Kemudian para ilmuan memberi kesimpulan bahwa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW itu sangat benar dan dibalik semua kebenaran tersebut memiliki hikmah dan manfaat.

Rahasia dan Manfaat Dibalik Olahraga Renang


Berikut ini beberapa Rahasia dan Manfaat Dibalik Olahraga Renang yang jika dilakukan secara rutin :


Rahasia dan Manfaat Dibalik Olahraga Renang 


1. Menjadikan Tubuh Sehat
Semua kegiatan yang bernuansa olahraga sudah dipastikan akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Tak terkecuali olahraga yang satu ini yaitu renang. Walaupun tidak semua orang bisa berenang dan beranggapan bahwa berenang tidak bisa mengeluarkan keringat itu salah. sebenarnya olahraga renang juga cepat mengeluarkan keringat, lalu keringat yang seperti apa yang dimaksud? coba saja ketika anda berenang dari awal mulai sampai ujung kolam dan apa yang anda rasakan? pasti akan sangat terasa terengah-engah dan gerah pada tenggorokan dan anda akan merasakan haus. dari kejadian tersebut sebenarnya anda sudah berkeringat walau minim. Mungkin juga disaat anda renang dari garis mulai sampai ujung, anda merasakan ingin buang air kecil dan hal itulah yang bisa dinamakan anda berkeringat.


2. Membantu Pertumbuhan Tulang
Memang olahraga renang sangat berbeda dengan olahraga lainya karenga bersentuhan dengan air langsung. Dengan kita melakukan olahraga renang pasti semua anggota tubuh akan bergerak sebagaimana fungsinya. Lalu apa kaitanya dengan pertumbuhan tulang? sebenranya yang menjadikan tulang menjadi tumbuh yaitu gerak badan kita didalam air dan air tersebut sangat berpengaruh pada tulang kita. Air akan meresap kedalam tubuh sampai tulang sumsum kita dan menjadikan tulang menjadi lembab sehingga dapat mencegah tulang menjadi keropos atau osteoporosis dan tulang yang awalnya kurang lembab menjadi tulang lembab, mudah berkembang dan sehat.


3. Memperbaiki Kinerja Paru-Paru
Perlu diketahui ternyata semakin lama seseorang menyelam dikedalaman air, maka paru-paru pun akan merespon 100 kali lipat lebih tajam dibandingkan paru-paru pada orang yang tidak sama sekali mencoba menyelam di kedalaman air. 


4. Kapasitas Pernapasan
Paru-paru yang sering dilatih akan menyesuaikan dan berkembang dengan kebiasaan seseorang yang sering melakukan renang. Sangat terbukti pada orang-orang yang suka menjelajahi kedalaman air pasti memiliki pernapasan yang lebar atau kuat karena paru-paru perenang dapat menampung lebih banyak kapasitas udara dari biasanya. 


5. Menghilangkan Stress
Kenapa renang dapat menghilangkan stress? dapat diketahui bahwa ketika kita berenang maka semua alat gerak akan bergerak mengikuti perintah otak kita, dan saat itulah hormon yang biasa disebut hormon endorfin keluar dan salah satu efek yang dapat kita rasakan yaitu badan menjadi rileks, tenang, bahagia, dan enjoy.


6. Membantu Pembentukan dan Menguatkan Otot
Saat berenang semua anggota tubuh akan bergerak sesuai fungsinya. Tidak heran banyak atlet renang memiliki badan yang proporsional, itu karena atlet renang selalu bergerak dalam air atau rutin dalam renang.


7. Mengurangi Resiko Arthritis
Apa yang anda ketahui tentang Arthritis? Adalah sebuah peradangan yang ada pada senda yang akan amat terasa sangat menyakitkan pada sendi. Bayak pakar juga menyarankan penderita arthritis untuk melakukan olahraga renang untuk mengurangi arthritis. Olahraga renag dianjurkan karena tubuh akan bergerak semua didalam air dan tidak akan memberikan beban untuk sendi. Badan akan terasa sangat ringa ketika berada didalam air daripada tidak didalam air. 


8. Menyehatkan jantung
Olahraga renang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya untuk jantung kita. dengan renang maka sirkulasi pada jantung menjadi baik karena proses pemompaan meningkat dan peredaran darah menjadi lancar. Para peneliti memberikan hasilnya bahwa orang yang rutin olahraga renang selama 12 minggu memiliki peningkatan darah yang dipompa/stroke volume sebesar 18%. 


9. Melatih Keseimbangan dan Kelenturan
Olahraga renang adalah salah satu olahraga yang melatih keseimbangan dan kelenturan tubuh, karena bagian-bagian tubuh saat berenang akan bergerak sesuai fungsinya. Semakin rutin renang maka kelenturan tubuh mudah didapatkan daripada tidak pernah melakukan olahraga renang.


10. Menjaga Berat Badan
Ternyata berenang selain menyenangkan juga sangat bermanfaat untuk tubuh kita agar tetap ideal. dengan rutin berenang mungkin saja tubuh anda ideal dan bisa terlihat seperti tubuh atletis. Bayangkan jika saja anda Berenang selama 1 jam dapat membakar kalori 100-200 kalori tentu saja ini akan membuat anda mempertimbangkan untuk melakukan olahraga rutin. 


11. Mengurangi Resiko Asma
Seperti yang telah dibahas diatas, dengan rutin berenang menjadikan paru-paru semakin sehat daripada tidak melakukan renang sama sekali. Berenang dapat melatih pernapasan dan menjadikan paru-paru semakin sehat.