Latest News

Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan

Idbaca.com - Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan - Musik adalah seni suara yang mengandalkan indra pendengaran kita. Berbicara tentang seni tentu yang paling utama adalah sisi keindahan, kesenangan dan kenyamanan. Tapi tahukah anda, musik selain bisa digunakan untuk bersenang-senang ternyata musik juga bisa memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Musik juga bisa memberikan dampak positif bagi tubuh, baik dari segi fisik maupun dari segi mental. Berikut ini Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan;

Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan


1. Menurunkan stres

Mendengarkan musik setiap hari atau saat sesudah pulang kerja membuat kondisi psikologi seseorang menjadi lebih baik. Apalagi mendengarkan musik yang kita sukai juga akan menurunkan tingkat stres.


2. Melindungi pendengaran

Selama ini mendengarkan musik dalam volume keras bisa membuat pendengaran kita terganggu. Padahal itu malah sebaliknya. Dalam penelitian yang dilakukan di tahun 2001, membuktikan bahwa mendengarkan musik dengan volume keras dapat membantu indra pendengaran menjadi lebih baik. Sama halnya dengan otot yang sering dilatih, namun anda tetap harus berhati-hati, jangan mendengarkan musik dengan volume keras saat menggunakan headphone.


3. Baik untuk kesehatan jantung

Mungkin ini tidak masuk akal menurut anda, apa hubungannya musik dengan kesehatan jantung? Hubungannya adalah jika seseorang sering mendengarkan musik, itu dapat membantu aliran darah dalam tubuh menjadi lancar apalagi musik yang kita sukai. Jika aliran darah lancar maka jantung akan tetap terjaga kesehatannya.


4. Meredakan sakit

Mendengarkan musik juga bisa membantu partisipan untuk menurunkan rasa sakit dan nyeri. Ini juga sering disebut dengan pengalihan, ini membuat orang yang mendengarkan musik akan melupakan rasa sakitnya.


5. Memperkuat daya ingat

Musik juga bisa digunakan untuk meningkatkan daya ingat otak, apalagi buat anak-anak. Ini dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan di Hong Kong, bahwa anak-anak yang mengambil kelas musik terbukti memiliki nilai yang lebih baik dalam tes daya ingat dari pada anak-anak yang tidak mengambil kelas musik.


6. Membuat otak awet

Berdasarkan penelitian orang yang mendengarkan musik akan memiliki otak yang lebih tajam. Orang yang berkaitan dengan musik atau orang yang sedang belajar musik dan orang yang menyukai musik, terbukti memiliki otak yang lebih muda dari pada orang yang tidak menyukai musik.