Latest News

Fakta Unik tentang semut yang masih menjadi rahasia

idbaca.com - Fakta unik tentang semut - Semut adalah hewan kecil yang memiliki sekitar 12000 jenis di seluruh dunia. Semut sangat memiliki jiwa sosial yang tinggi kepada sesamanya dan memiliki sarang-sarang yang teratur. Walaupun hewan ini kecil namun bisa di katakan kuat di karena kan semut jantan dapat mengangkat beban yang beratnya 50 kali dari berat badannya.  Jika di bandingkan dengan gajah jelas lebih kuat semut. Gajah hanya mampu mengangkat beban yang beratnya dua kali dari berat badannya.

Selain fakta di atas masih banyak lagi fakta-fakta unik tentang semut yang akan kita bahas di judul ini. Berikut adalah fakta-fakta nya.

Fakta Unik Semut

  1. Semut memiliki sekitar 250.000 sel otak di kepalanya sehingga bisa di katakan serangga kecil ini merupakan hewan yang memiliki kecerdasan tinggi di bandingkan dengan serangga-serangga lainnya.
  2. Keahlian semut juga sangat baik di bidang pertanian. Semut mampu membangun pertanian yang super keren dan canggih dimana mereka dapat menciptakan tempat yang dapat mengontrol temperatur dan kelembapan. 
  3. Hewan kecil ini memiliki keahlian dalam melakukan strategi perang. Semut mampu berperang selama beberapa hari dengan musuh yang di hadapi nya. Bahkan ada jenis semut yang dapat memperbudak jenis semut lainnya yaitu semut Amazon.
  4. Jumlah semut merupakan jumlah hewan terbanyak di muka bumi. Bahkan jumlah semut bisa melebihi jumlah manusia di muka bumi ini.
  5. Semut pekerja hanya memiliki umur yang singkat yaitu hanya 45-60 hari saja berbeda dengan ratu semut yang mampu hidup selama 20 tahun. 
  6. Slave-Maker ant adalah salah satu jenis semut yang mungkin bisa di katakan sebagai semut yang kejam. Mereka akan melakukan penyerangan pada sangkar semut lain dan mengambil pupa dari semut lain setelah menetas semut-semut itu akan di jadikan nya budak.
  7. Semut ternyata memiliki dua penyimpanan makanan dalam tubuhnya dimana yang pertama di gunakan untuk dirinya sendiri dan tempat penyimpanan lain untuk kawanannya.
  8. Saat semut menemukan sebuah makanan maka dirinya akan memberikan tanda kepada semut lain dengan menyebarkan aroma.
  9. Walaupun serangga ini kecil namun tidur mereka mampu mencapai 7 jam dalam sehari.
  10. Semut tentara akan memiliki kepala yang lebih besar dan mereka bertugas menjaga sarang dari musuh yang datang atau gangguan hewan lain.
  11. Semut paling banyak di temukan pada tempat-tempat yang memang memiliki iklim yang panas.

Demikianlah informasi sekilas mengenai Fakta Unik tentang semut yang masih menjadi rahasia semoga dapat menambah pengetahuan.