Latest News

Inilah Kecerdasan Manusia Selain IQ

idbaca.com - Inilah Kecerdasan Manusia Selain IQ -Seseorang yang memiliki predikat cerdas biasanya dia dikatakan seseorang yang memiliki IQ paling tinggi. Namun kenyataannya tidak demikian, Kecerdasan itu tidak selalu berarti demikian. ada kecerdasan lain yang dimiliki seseorang dan itu tidak bisa di ukur dengan IQ saja. Ingin tahu apa saja kecerdasan yang di miliki manusia??.

Inilah Kecerdasan Manusia Selain IQ

1. Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan linguistik atau yang biasa disebut dengan kecerdasan berbahasa. Dalam kecerdasan ini, seseorang mampu mengolah kata-kata dengan baik, baik itu dalam bentuk lisan maupun dalam bentuk tulisan. Biasanya pekerjaan yang dimiliki seseorang yang memiliki kecerdasan linguistik adalah sebagai pengacara, penyiar maupun jadi jurnalis.


2. Kecerdasan Matematis dan Logika

Kecerdasan Matematis dan Logika yang biasa disebut kecerdasan dalam mengolah angka dan logika atau kemampuannya menggunakan penalaran atau logika yang benar. Orang yang memiliki kecerdasan ini memiliki kepekaan pada hubungan logis, mampu membuat hipotesa, klasifikasi, dan analisa yang baik. Biasanya pekerjaan yang dimiliki seseorang yang memiliki kecerdasan Matematis dan Logika adalah sebagai akuntan, ahli program dan menjadi ilmuwan.


3. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan Interpersonal yaitu Kecerdasan mengenal, memahami, membedakan suasana hati, kehendak, motivasi, perasaan diri sendiri maupun orang lain. Lalu apa yang didapat dari kecerdasan interpersonal ini? biasanya mereka dapat menghadapi dan mendorong orang lain dengan perhatian yang baik. Pekerjaan untuk kecerdasan interpersonal yaitu mereka lebih cocok menjadi guru, negosiator dan psikolog.


4. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal yaitu kecerdasan yang dimiliki seseorang untuk lebih mengenal, memahami diri sendiri, kesadaran akan suasana hati, berdisiplin diri dan bertindak atas pemahaman dirinya. Orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya mereka mengerjakan sesuatu lebih memilih dikerjakan sendiri, bersikap cuek, lebih mengerti kekuatan dan kelemahan diri-sendiri. Pekerjaan yang cocok untuk orang yang memiliki kecerdasan ini biasa nya sebagai penasehat atau juga konselor.


5. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan musikal yaitu yang biasa disebut kecerdasan yang mampu membuat seseorang untuk menikmati, mengembangkan, membedakan, mengubah dan mengekspresikan dengan musik dan suara. lebih peka terhadap irama, pola titik nada dan melodi. Mampu membedakan warna nada dan warna suara lagu. Pekerjaan yang cocok untuk seseorang yang memiliki kecerdasan musikal ini biasanya sebagai musisi, penyanyi, pemain alat musik.


6. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis yaitu kecerdasan yang biasa juga disebut kecerdasan untuk menikmati dan memahami alam. lebih memanfaatkan alam dengan pengetahuan yang dimilikinya dan mampu bersahabat dengan alam, memiliki kepekaan terhadap gejala alam seperti gejala cuaca bentuk awan dan gunung. Pekerjaan yang cocok untuk orang yang memiliki kecerdasan naturalis biasanya menjadi nelayan, petani dan juga menjadi pendaki gunung.


7. Kecerdasan Kinetik

Kecerdasan kinetik atau yang biasa disebut kecerdasan untuk mengekspresikan, dan menggunakan seluruh tubuh untuk penyampaian gagasan dan perasaan. Pekerjaan yang cocok untuk orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya menjadi penjahit, atlet, Pembuat kerajinan tangan dan lain-lain.


8. Kecerdasan Visual

Kecerdasan Visual yaitu seseorang yang mampu memahami ruang, memiliki kepekaan terhadap visual, memahami semua warna, bentuk, dan garis. biasanya seorang yang memiliki kecerdasan ini mampu mengekspresikan ide dan gagasannya menjadi sebuah karya yang bagus yaitu bisa berupa gambar atau lukisan. Pekerjaan yang cocok untuk orang yang memiliki kecerdasan ini bisanya menjadi seorang pelukis, fotografer dan arsitek. 


Itulah kecerdasan yang dimiliki manusia selain kecerdasan IQ. Memang sangat mengagumkan bila seseorang memiliki semua kecerdasan. Namun itulah sangat jarang jika seseorang yang memiliki semua kecerdasan seperti yang telah di bahas di atas.
Terimakasih telah berkunjung dan semoga lebih paham tentang kecerdasan yang dimiliki manusia selain IQ.