Latest News

Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Bulan Puasa

idbaca.com - Bulan puasa adalah bulan yang sangat di nanti-nantikan oleh umat islam di seluruh dunia. Bulan puasa atau juga disebut bulan seribu bulan, dimana setiap amal akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Dan bulan puasa atau bulan ramadhan terjadi hanya satu kali dalam setahun. Di bulan ramadhan umat islam di seluruh dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa, selama satu bulan penuh, selama menjalankan ibadah puasa tersebut sering kali kita mengalami yang namanya bau mulut, karena selama puasa kita dilarang untuk menggosok gigi pada saat siang hari.

Bau mulut pada saat berpuasa itu disebabkan oleh mulut yang kering saat puasa, karena kita di larang makan dan minum, sehingga mulut tidak dapat memproduksi air liur dengan jumlah yang cukup untuk menjaga agar nafas tetap segar. Walaupun sebenarnya bau mulut pada saat puasa itu adalah hal yang wajar, tapi kita juga harus menjaga kebersihan dan salah satunya kebersihan mulut. Nah ada cara untuk mengatasi bau mulut saat puasa dan tidak melanggar aturan puasa, berikut ini caranya:


idbaca.com-tips mengatasi bau mulut saat bulan puasa

1. Sikat Gigi setelah Makan Sahur

Setelah makan sahur anda tetap wajib untuk menggosok gigi, itu bisa membantu membersihkan mulut dari sisa makanan yang ada di mulut. Menggosok gigi setelah sahur juga bisa membantu menyegarkan mulut pada saat puasa.


2. Banyak Minum Air Putih

Minumlah air putih dengan jumlah yang banyak untuk menjaga tubuh dari dehidrasi. Dan membantu mulut memproduksi air liur pada saat puasa, dan menjaga mulut anda agar tidak mudah kering.


3. Berkumur

Berkumur juga bisa membantu mengatasi bau mulut, itu bisa anda lakukan pada saat berwudhu, berkumur lah dengan benar agar air dapat membersihkan kotoran yang ada di sela-sela gigi.


4. Bersiwak

Umat islam di seluruh dunia pasti tau tentang siwak, bersiwak adalah menggosok gigi dengan batang pohon siwak. Bersiwak sangat di anjurkan oleh Rosulullah untuk membersihkan mulut dari kotoran dan menjaga mulut untuk tetap segar dalam menjalani ibadah puasa.

Demikianlah artikel tentang Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Bulan Puasa, semoga bermanfaat dan karena ini bulan puasa saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, dan semoga amal ibadah kita di terima oleh Allah SWT. Amin
Sekian terima kasih atas kunjugan nya.