Latest News

Tips Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan

idbaca.com-Tips Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan- Kita hendaknya selalu bersyukur bahwa bulan Ramadhan telah tiba, seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa menahan segala godaan baik rasa lapar dan haus. Puasa menjadikan badan kita tetap sehat, tentu saja jika kita menjalankan dengan cara yang sehat pula. 

Hendaknya dalam menjalankan puasa menjadikan tubuh kita tetap segar walaupun saat siang hari tidak menjadikan tubuh menjadi lesu. Maka dari itu kita harus memperhatikan pola makan dengan benar agar kita tetap sehat dan bugar dalam menjalankan segala aktifitas sehari-hari.


Bagaimana cara agar Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan? berikut adalah beberapa  Tips Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan
Tips Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan
Saat Makan Sahur

1. Gunakan waktu akhir untuk menyantap sahur. Menyantap sahur di akhir waktu lebih diutamakan berdasarkan Sunah Rasul.


2. Janganlah makan dengan porsi yang berlebihan. Makanlah makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks dan protein, buah dan sayuran. Agar tubuh anda tidak terkena hidrasi santaplah makanan yang banyak mengandung air.


3. Minumlah susu saat anda selesai sahur, karena susu akan memberikan nutrisi yang lebih untuk tubuh anda dan puasa pada siang hari tetap segar.


4. Hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gula, karena kandungan gula justru akan membuat tubuh anda lemas pada siang hari.


5. Saat sahur hindari minuman seperti kopi dan teh karena akan membuat tubuh cepat kehilangan cairan. Maka minumlah air putih secukupnya 3 sampai 5 gelas saat sahur.


Selama Berpuasa

6. Kurangi aktifitas fisik di bawah terik sinar matahari.


7. Gunakan waktu kosong untuk istirahat yang cukup dan janganlah istirahat berlama-lama. Anda bisa tidur sebentar untuk memulihkan tenaga setelah seharian bekerja.


8. Gunakan waktu anda untuk hiburan, misal anda bisa jalan-jalan ke taman atau anda bisa olahraga kecil dan juga bisa bersepeda pada sore hari. karena aktifitas yang bersifat hiburan menjadikan anda jauh dari stress dan terlihat lemas.


Saat Berbuka Puasa

9. Saat-saat yang di tunggu yaitu berbuka puasa, Banyak yang masih balas dendam setelah seharian berpuasa. karena puasa seharian lantas saat berbuka puasa makan semua makanan yang ada. Hal seperti ini yang harus dihindari. Ada baiknya mengikuti sunah Rasul berbuka lah dengan yang manis-manis dan yang lebih baik yaitu makan buah kurma. Minumlah air secukupnya untuk menggantikan cairan yang hilang selama puasa.


10. Setelah menyantap dengan yang manis-manis dan selesai melakukan ibadah Shalat maghrib anda lanjutkan ke menu utama. Makanlah secukupnya dan jangan berlebihan.


11. Hindarilah makanan dengan banyak minyak seperti gorengan dan makanan yang pedas.


12. Minumlah air secukupnya, minumlah air 5 gelas sebelum tidur.


Demikianlah dari beberapa tips yang mungkin bisa anda coba yaitu Tips Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan. Semoga dalam menjalankan ibadah puasa lebih hikmat dan badan tetap sehat. Terimakasih dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.