Latest News

Fakta Unik Tentang Bumi Yang Menakjubkan

idbaca.com - Fakta Unik Tentang Bumi Yang Menakjubkan - Bumi adalah salah satu planet yang memiliki kehidupan dan planet hijau satu-satunya. Banyak kehidupan yang ada di planet ini seperti tumbuhan, hewan dan manusia.

Umur bumi sendiri sudah jutaan tahun dan masih tetap bisa di tinggali walaupun memang sudah tidak seperti dahulu kala. Bumi ternyata memiliki fakta-fakta unik yang menarik untuk di bahas. Anda mungkin belum mengetahuinya tentang fakta yang ada dan berikut ini adalah fakta unik tentang bumi.

Fakta Unik Tentang Bumi Yang Menakjubkan


1. Bumi Tidak Bulat Sempurna 
Saat kita masih sekolah dasar pasti guru kamu pernah mengajarkan tentang bentuk bumi. Guru bilang bumi tidak bulat sempurna karena pola radius bumi adalah 3.949,99 mil sedangkan radius ekuator adalah 3.963,34 mil.

2. Asal Nama Bumi Dari Anglo-Saxons
Planet-planet yang ada di alam semesta ini nyatanya memiliki nama dewa-dewi yang berasal mitologi Yunani dan Romawi namun uniknya bumi adalah satu-satunya nama yang tidak berasal dari mitologi yunani dan romawi melainkan dari Anglo-Saxons.

3. Sehari Bukanlah 24 Jam
Jika anda berfikir sehari adalah 24 jam maka perhitungan itu salah, Nyatanya bumi ini berputar pada porosnya dalam waktu 23 jam, 56 menit, 4 detik.

4. 90% Samudera Belum Ter-Eksplorasi
Untuk apa para peneliti dan astronot pergi ke planet lain tetapi nyatanya planet bumi saja belum seluruhnya di ungkap. Bahkan samuderapun baru terekplorasi 10 % itu menandakan masih ada setidaknya 90% belum di kunjungi dan jelas masih banyak spesies air yang masih menjadi rahasia sampai saat ini.

5. Titik Tertinggi Bukanlah Everest
Bila banyak orang mengira titik tertinggi di bumi adalah Everest maka itu bisa di katakan kesalahan. Karena Gunung tertinggi adalah bernama Chimborazo di Ekuador dengan tinggi sekitar 6.267 mdpl bisa dianggap titik tertinggi. Mengapa demikian padahal Everest ketinggian mencapai 8.849 mdpl. Chimborazo terletak di garis ekuator dengan ‘benjolan’ yang lebih tinggi daripada pusat bumi sehingga ketinggiannya 1,5 mil lebih daripada Everest.

6. Suhu Terdingin -128.6 F
Mungkin anda tidak percaya dimana di belahan dunia lain terdapat suhu yang paling dingin yang bisa membuat darah anda membeku. Suhu Terdingin -128.6 F pernah terjadi di bumi pada tahun 1983 tepatnya terdapat di Vostok Station.