Latest News

Tips Mengatasi dan Menghadapi Kecemasan

idbaca.com - Kecemasan merupakan rasa takut atau khawatir atas peristiwa yang belum tentu akan terjadi dimasa depan. Kita selalu berpikiran bahwa masa depan yang akan terjadi akan menakutkan, padahal itu belum tentu akan terjadi. Kecemasan sebenarnya merupakan hal yang wajar, normal dan tentu jika pada tahap normal pula. Cemas adalah perasaan seseorang terhadap masa depan yang membuatnya untuk mengantisipasi nya. Dalam kehidupan sehari-hari, gejala kecemasan fisik dan emosional biasanya dapat meningkatkan detak jantung, konsentrasi akan terganggu baik ditempat kerja atau di sekolah.

Nah idbaca disini akan membagikan tips untuk meredakan kecemasan dengan mudah. Berikut caranya:

idbaca.com-Tips Mengatasi dan Menghadapi Kecemasan


1. Tidur cukup

Pola tidur yang tidak beraturan atau tidak cukup dapat menyebabkan konsekuensi serius, tidak hanya tubuh kita yang akan merasakan dampaknya, tetapi juga kondisi emosional dan psikologis anda. Terkadang kondisi ini akan menyebabkan gangguan tidur. Jadi saat anda merasakan kecemasan, sebaiknya anda memperbaiki pola tidur anda minimal 8 jam, dan anda bisa merasakan bedanya.

2. Senyum dan Tertawa

Senyum dan tertawa menurut para ahli dapat mengurangi kecemasan. Jadi jika anda mulai merasa berat dalam menjalani aktivitas dan mulai menggerogoti perasaan, pikiran, dan energi ambil waktu istirahat untuk bercanda, tersenyum dan tertawa dengan teman. Jika anda sendirian anda bisa menonton film lucu yang bisa membuat anda tertawa.

3. Segarkan dan Rapikan

Kondisi tubuh yang tidak segar, ngantuk, penat, pakaian kotor, dan yang lainnya itu bisa membuat anda tidak merasa nyaman. Sedangkan ruangan disekitar anda yang terlihat berantakan, tidak tertata rapi, bau tidak enak, panas dan sejenisnya bisa membuat anda tidak rileks. Jadi usahakan anda dalam kondisi rapi, baju bersih, wangi, ruangan rapi, tidak bau dan seterusnya agar anda merasa nyaman.

4. Makan dengan benar

Kecemasan dapat menyebabkan dampak yang buruk untuk kita. Bisa membuat nafsu makan berubah-ubah atau kita bisa membuat kita tergila-gila atas makanan yang tidak baik untuk kesehatan. Jadi cobalah untuk memaksa mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan kaya akan vitamin. Itu akan membuat tubuh anda menjadi segar.

5. Bersyukurlah

Menurut penelitian Bersyukur kepada Tuhan dapat mengurangi kecemasan. Khususnya dalam kondisi istirahat beribadahlah dan berdoa kepada Tuhan atas apa yang Dia berikan kepada anda. Ini akan sangat membantu anda dalam menjalani hidup anda.

6. Bernafas

Bernafas disini tidak sembarangan bernafas. Bernafas dengan baik akan dapat mengurangi kecemasan, jika anda mengalami kecemasan itu akan mempengaruhi pola nafas anda. Dan itu akan mempengaruhi otak dan tubuh anda, jadi cobalah untuk bernafas dalam-dalam, kuat, panjang dan teratur. Ini bisa memberikan sinyal pada otak untuk rileks.

7. Meditasi

Meditasi atau relaksasi dapat berfungsi menyelaraskan kembali tubuh untuk mengurangi kecemasan. Meditasi juga merupakan suatu cara untuk mengamati otak, yang kemungkinan otak kita bisa menciptakan pemikiran negatif yang dapat memicu kecemasan.

8. Membuat Visi

Cobalah untuk membuat sebuah visi tertulis dan tempatkan di kamar anda. Itu akan membuat pikiran anda fokus terhadap apa yang anda telah menjadi tujuan anda, karena itu dapat menyisihkan rasa khawatir yang berlebih yang belum tentu akan terjadi dimasa depan.

9. Bermainlah

Bermainlah dengan anak-anak atau dengan hewan kesayangan anda. Itu karena mereka memiliki kemampuan bermain secara natural, mereka tidak pernah memikirkan hal selain yang mengasyikan untuk dirinya sendiri, mainnya dan teman-temannya. Maka saat anda bermain, ya bermain sajalah.

Demikianlah artikel tentang Tips Mengatasi dan Menghadapi Kecemasan. Semoga dapat bermanfaat dan semoga setelah anda membaca artikel ini, anda bisa mengatasi dan menghadapi kecemasan yang anda derita.