Latest News

Fakta unik dan Menarik tentang Jantung Manusia

idbaca.com - Fakta unik jantung manusia - Jantung adalah organ yang memiliki peranan penting manusia. Bila jantung berhenti beroperasi maka berhenti juga lah manusia hidup di muka bumi ini.

Jantung manusia ternyata memiliki fakta unik yang selalu menarik untuk di bahas. Ada beberapa fakta yang dapat di ketahui dari jantung manusia itu sendiri, berikut ini adalah fakta unik dan menarik tentang jantung manusia.

Fakta unik dan Menarik tentang Jantung Manusia

  1. Jantung manusia dapat berdenyut sebanyak 72 kali dalam waktu satu menit. Berarti bila satu hari jantung manusia mampu berdenyut sampai 100.000 kali itu berarti dalam setahun mencapai 3.600.000 berdenyut.
  2. Jantung adalah organ yang mampu menghasilkan energi yang cukup untuk menyetir sebuah truk sejauh 32 kilometer.
  3. Jantung mulai berdenyut saat berumur 4 minggu setelah pembuahan (dalam kandungan) dan terus berdenyut hingga kematian menjemput dan akhirnya berhenti.
  4. Hari senin adalah hari rawan jantung karena hari senin merupakan hari yang seseorang dapat mengalami serangan jantung di bandingkan hari lainnya.
  5. Ketika mengalami serangan jantung, serangan jantung yang pertama adalah serangan yang paling fatal yang dapat mengakibatkan kematian.
  6. Jantung bayi dan orang dewasa sama-sama memiliki jumlah sel yang sama, akan tetapi ukurannya jauh lebih besar milik orang dewasa.
  7. 70-190 adalah denyut jantung bayi yang baru di lahirkan itu tandanya jumlahnya lebih banyak di bandingkan orang dewasa.
  8. Jantung pada wanita ternyata lebih kecil di bandingkan dengan jantung pria. Sehingga jantung wanita harus berdenyut lebih banyak di bandingkan pria untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
  9. Suara yang di hasilkan dari denyut jantung adalah suara empat katup jantung yang mengalami buka tutup.
  10. Orang mesir kuno mempercayai bahwa jantung dan organ tubuh lainnya dalam tubuh manusia dapat bergerak dengan sendirinya.
Demikianlah artikel tentang fakta unik tentang jantung manusia semoga bermanfaat.