Latest News

Cara Belajar Efektif dan Mengasyikan

idbaca.com - Belajar merupakan suatu proses untuk mencapai keberhasilan dan tujuan dalam hidup. Sahabat idbaca tentu pernah mengalami jenuh atau bosan dalam proses belajar, baik belajar di sekolah maupun belajar di rumah. Padahal banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membuat proses belajar itu lebih mengasyikan dan menyenangkan walaupun itu dilakukan dari hal-hal kecil yang sering kita lupakan. Cara Belajar Efektif dan Mengasyikan itu wajib kita cari agar sahabat idbaca dapat memaksimalkan proses belajar secara keseluruhan dan mendapatkan prestasi yang di cita-citakan.

idbaca.com-cara-belajar-efektif-dan-mengasyikan


Berikut Cara Belajar Efektif dan Mengasyikan menurut idbaca.com:

1. Selalu Meresume Semua Materi Pelajaran.

Dalam proses meresume adalah cara memisahkan poin-poin pokok yang terdapat pada materi, proses ini sangat berguna untuk sahabat idbaca karena tidak perlu mempelajari yang tidak seharusnya dipelajari.

2. Tentukan Tempat Yang Nyaman Untuk Belajar.

Pikiran sahabat idbaca tentu akan fokus jika proses belajar dilakukan di tempat yang membuat sahabat merasa nyaman dan tenang, Sehingga materi yang dipelajari dapat diterima oleh otak.

3. Hindari Belajar Kebut Semalam(BKS).

Kebanyakan Pelajar dan Mahasiswa indonesia melakukan proses belajar jika saat akan menghadapi Ujian saja. Padahal itu salah besar, seharusnya belajar dilakukan di jauh hari sebelum ujian agar nanti waktu mau ujian sahabat idbaca hanya akan mengulang proses tersebut.

4. Lakukan Diskusi Dalam Belajar.

Proses belajar secara diskusi dengan kelompok sangat efektif dalam mencapai keberhasilan, karena proses diskusi akan salah satu kelompok yang tidak mengerti dan akan bertanya kepada yang lebih pintar sehingga semua dapat mengerti dan tidak ada yang bodoh semakin bodoh, dan yang pintar akan semakin pintar, semua akan terlihat sama.

5. Dimengerti Jangan Dihafal.

Pasti selama ini sahabat idbaca dalam proses belajar hanya menghafal materi saja. Padahal kalau belajar itu menghafal itu akan seperti menulis di atas air, tapi berbeda jika sahabat idbaca dalam belajar tidak hanya menghafal tetapi mengerti dan paham apa maksud dari pelajaran tersebut.

6. Aktif Bertanya.

Pembelajaran akan terasa hidup jika ada komunikasi antara pelajar dan guru atau mahasiswa dan dosen, jika ada yang sahabat idbaca tidak tau cukup tanyakan saja kepada guru/dosen, karena ada pepatah mengatakan "malu bertanya sesat dijalan". Jadi jangan takut untuk bertanya.

7. Cintailah Pelajaran Yang Sahabat Sukai.

Pelajaran yang sahabat sukai akan memudahkan dalam mempelajari pelajaran tersebut. Karena jika melakukan sesuatu dengan sepenuh hati akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

8. Utamakan Tujuan Sekolah Sahabat.

Sahabat idbaca tentu sudah mempunyai tujuan utama bersekolah yaitu mencari ilmu setinggi-tingginya. Sekolah bukan hanya mencari nilai yang bagus, karena nilai yang tanpa ilmu tidak akan mengantarkan sahabat untuk meraih kesuksesan.

9. Gunakan Metode Belajar Yang Efektif.

Banyak metode yang dapat dilakukan dalam proses belajar. Seperti ada yang belajar dengan cara diskusi, belajar dengan cara mengerjakan soal-soal latihan, atau belajar di pagi hari yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang dan masih banyak metode yang dapat digunakan dalam proses belajar.

10. Belajar Sambil Mendengarkan Musik.

Musik dapat membuat pikiran tenang sehingga sahabat idbaca jika mengalami kesulitan dalam belajar cobalah untuk sambil mendengarkan musik. Walaupun cara yang satu ini tidak banyak orang yang bisa melakukan proses belajar sambil mendengarkan musik.

Demikian artikel tentang Cara Belajar Efektif dan Mengasyikan. Semoga dapat bermanfaat bagi sahabat idbaca.com dan jangan pernah bosan untuk melakukan proses belajar karena ada banyak cara untuk mengatasi kebosanan dalam belajar.