Latest News

Menjadi Guru yang Menyenangkan

idbaca.com-Menjadi Guru yang Menyenangkan- Guru adalah orang tua di sekolah. guru adalah peran yang sangat penting untuk dunia pendidikan. Mungkin sebagian tempat pendidikan masih ada guru-guru yang masih memakai cara lama dalam mengajar, dari mulai berangkat pagi hingga waktu  pulang masih melakukan hal-hal yang sama pada hari-hari kemarin tanpa memikirkan "Apakah saya termasuk guru yang menyenangkan bagi murid-saya?".

Apakah hal tersebut akan terus-terusan tanpa ada perubahan untuk murid-murid ke depan nya? Mulailah memikirkan pada murid-muridnya agar mereka semua tidak bosan untuk belajar dan yang paling penting adalah murid-murid anda senang belajar dengan anda. itulah kenapa murid suka dengan guru yang menyenangkan? sebagian murid senang terhadap gurunya lalu mereka akan semangat untuk belajar karena mereka senang diajar oleh anda dan otomatis mereka akan senang belajar dengan anda.

Menjadi Guru yang Menyenangkan


Menjadi guru yang baik, menyenangkan, dikagumi oleh semua anak didiknya itu tidak mudah dan itu bisa dijadikan sebuah tantangan yang perlu anda coba.



Lalu bagaimanakah cara Menjadi Guru yang Menyenangkan?


1. Cobalah setiap anda akan bertatapan dengan murid-murid anda usahakan dengan wajah yang segar dan prima. awali dengan sapaan dan senyuman untuk murid-murid.


2. Cobalah lakukan kegiatan mengajar anda dengan total mengajar. dalam hal ini lakukan mengajar dengan semua pengetahuan anda dan benar-benar dari diri anda yang menyampaikan. maksud disini bahwa anda tidak perlu selalu membaca buku dalam penyampaian materi agar anda juga terkesan lebih menguasai materi.


3. Lakukan komunikasi dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh murid. Janganlah menggunakan bahasa yang susah dipahami sehingga murid akan lambat menyerap kata-kata yang anda sampaikan.


4. Berlakulah bijaksana dalam kelas. Anda harus lebih mengetahui bahwa tingkatan anak berbeda dalam menyerap materi yang anda sampaikan. ada tipe yang lambat mengerti, ada yang sangat lambat bahkan ada juga yang sangat susah mengerti materi yang anda sampaikan. dalam masalah ini carilah cara yang sederhana untuk menyampaikan materi dan bersabar menampung pertanyaan dan memberikan jawaban untuk murid-murid kita.


5. Kendalikan ruangan kelas. Anda lakukan tidak hanya berdiri di depan saja, mulailah memperhatikan anak didik kita yang duduk di belakang dan tidak hanya di depan dan belakang saja, anda bisa lakukan dengan keliling tiap tiap-bangku.


6. Sampaikanlah materi dengan suara yang merdu. Anda harus bisa mengontrol suara dalam ruangan kelas, di sebelah mana dan kapan saat nada keras dan lambat.


7. Berusaha untuk bisa menjawab semua pertanyaan yang murid kita tanyakan, lakukanlah menjawab dengan kata-kata yang sederhana, dan kalau bisa anda sebagai guru memberikan kata-kata penghargaan bagi anak didik yang bertanya, sebagai contoh anda akan menjawab dari pertanyaan anak didik anda "nah andi, Pertanyaan yang sangat bagus".


8. Berlaku adil pada semua anak didik anda. Anda sebagai contoh di depan meja anak didik haruslah berlaku adil dengan cara misal anda memberikan pertanyaan, coba anda mulailah bertanya ke yang lain untuk bisa menjawab contoh "Apakah ada yang bisa memberikan jawaban yang sama bagusnya dengan teman kalian?".


9. Berikanlah kesempatan untuk anak didik anda dalam berekspresi dan bisa mengungkapkan kata-kata pendapat, keinginan, dan perasaanya.


10. Mulailah menjadi guru yang mau menanyakan masalah yang dihadapi anak didiknya, itu menunjukan anda adalah guru yang peduli, dan sebisa anda membantu untuk menyelesaikan.



Itulah sedikit ulasan untuk Menjadi Guru yang Menyenangkan, memang butuh proses untuk menjadi guru yang disenangi anak didik anda. seperti halnya pendidikan sangat membutuhkan guru yang mengagumkan untuk anak didiknya. Terimakasih telah berkunjung dan semoga usaha anda untuk Menjadi Guru yang Menyenangkan berhasil.