Latest News

Hindari Terlalu Banyak Makan Tomat

idbaca.com - Hindari Terlalu Banyak Makan Tomat - Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi memang sangat baik bagi tubuh. Namun, Semua hal meski baik jika digunakan secara berlebihan juga akan berbahaya bagi tubuh. Tomat adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C selain Jeruk. Anda tetap berhati-hati jika mengkonsumsi terlalu banyak. terlalu sering mengkonsumsi tomat bisa menyebabkan peningkatan asam lambung dan dalam jangka panjang kandungan asam dapat merusak dinding esofagu.

Berikut beberapa Efek samping makan tomat terlalu banyak :

Hindari Terlalu Banyak Makan Tomat

1. Melemahnya Sistem Imun
Tahukah anda dalam tomat mentah mengandung karotenoid pigmen likopen, yaitu jika anda terlalu banyak konsumsi tomat dapat menjadikan sistem imun anda melemah. senyawa yang terdapat dalam tomat jika anda mengkonsumsi dengan wajar maka akan sangat membantu dalam pencegahan kanker. Namun, jika anda mengkonsumsi terlalu berlebihan maka akan ada efek sampingnya yaitu sistem kekebalan tubuh anda menjadi terganggu dan tubuh mudah terjangkit bakteri, virus maupun jamur penyebab penyakit.
2. Permasalahan Saluran Cerna
Mengapa tomat dapat mengganggu saluran pencernaan? dalam tomat terdapat zat asam yang tinggi. Maka, jika anda terlalu banyak mengkonsumsi tomat secara berlebihan akan mengakibatkan gangguan pada usus anda.
3. Dapat Memicu IBS "Irritable Bowel Syndrome"
Seperti yang sudah di bahas di atas, Kandungan dalam buah tomat yaitu Antioksidan likopen bisa berbahaya bagi tubuh anda jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain masalah pada usus yang sudah di jelaskan pada poin 2 juga dapat menyebabkan masalah lain seperti gas perut, kembung, gangguan pencernaan, mual, muntah, diare, dan lain-lain.
4. Dapat Membentuk Batu Ginjal
Seperti halnya sayuran Bayam, sayuran yang kaya dengan zat nutrisi mulai dari lutein untuk kesehatan mata, protein, serat dan berbagai vitamin dan mineral. Buah yang sehat ini ternyata dapat  menyebabkan batu ginjal namun terjadinya batu ginjal karena terlalu sering makan buah tomat, maka janganlah berlebihan. jika anda sebelumnya sudah mempunyai batu ginjal, bukannya tidak di bolehkan untuk memakan buah tomat, anda tetap dibolehkan memakan buah tomat karena kandungan dan nutrisi yang banyak dan sumber kalsium, senyawa oksalat yang mana kedua zat tersebut merupakan yang sulit untuk di cerna jika sebelum anda sudah menderita batu ginjal. Maka janganlah berlebihan karena kandungan kalsium  dan oksalat dapat menumpuk pada ginjal dan dapat membentuk batu ginjal menjadi lebih besar.
5. Kelebihan Vitamin
Semua orang membutuhkan vitamin termasuk vitamin C yang ada pada buah tomat. Banyak orang yang beranggapan bahwa semakin banyak mengkonsumsi vitamin maka semakin baik buat tubuh, ini tidak benar justru menjadi bahaya bagi tubuh dan harus di hindari. Banyak sekali manfaat dan vitamin yang ada pada buah tomat dan karena itu kekurangan vitamin dan kandungan nutrisi pada tomat juga membuat tubuh mudah terserang penyakit karena berlebihan dalam konsumsi vitamin, memang di antara ke dua hal tersebut selalu salah dan yang benar adalah konsumsi vitamin atau buah tomat dengan tidak berlebihan dan apalagi jika anda mengkonsumsi vitamin berupa suplemen-suplemen maka harus dihindari karena sangat berbahaya bagi tubuh anda

Itulah dari Efek samping makan tomat terlalu banyak, Jika anda orang yang suka memakan buah tomat mulailah untuk tidak memakan secara berlebihan. Namun jika anda yang takut karena banyak juga dari bahaya memakan buah tomat maka anda juga tidak perlu takut karena banyak nutrisi yang sangat bermanfaat buat tubuh anda. Kata yang tepat untuk semua masalah di atas adalah " Jangan terlalu berlebihan" . Semua hal meski baik jika digunakan secara berlebihan juga akan berbahaya bagi tubuh.
Semoga bermanfaat. 

Baca juga mengenai Tomat
manfaat tomat untuk rambut 
manfaat tomat untuk kulit
manfaat tomat untuk kesehatan