Latest News

Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat di depan Komputer atau Laptop

idbaca.com - Komputer atau Laptop pada saat ini sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Karena saat ini komputer atau laptop dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, dan ada juga yang digunakan untuk bermain game. Secara tidak langsung mata kita akan menanggung beban akibat terlalu lama berada di depan komputer atau laptop. Seperti sakit mata, sakit kepala, leher dan bahkan pinggang.

Ada beberapa cara sederhana agar mata anda bisa bertahan lama menatap layar monitor. Berikut ini langkah sederhana untuk melindungi mata anda dari layar monitor.

idbaca.com-Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat di depan Komputer atau Laptop


1. Sering berkedip

Berkedip secara teratur, ini dapat membantu kelopak mata anda menyebarkan air mata alami ke permukaan mata. Ini dapat mencegah agar mata tidak kering dan mencegah iritasi dan rasa sakit di mata.

2. Ikuti aturan 20-20

Setelah 20 menit menatap komputer atau laptop, istirahat selama 20 detik dan pandang lah satu titik dari yang jaraknya jauh dari anda. Ini dapat membantu meregangkan otot pada mata yang selama 20 menit fokus menatap layar komputer atau laptop.

3. Cahaya terang

Pada saat anda sedang di depan komputer atau laptop usaha kan cahaya yang ada di ruangan selalu terang. Pada saat siang hari, biarkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan anda, dan jika pada saat malam hari anda bisa menggunakan cahaya lampu untuk menerangi ruangan.

4. Jarak

Usahakan anda dengan layar komputer atau laptop berjarak 50 cm. Karena pada jarak ini lah posisi normal yang direkomendasikan oleh dokter mata. Dan atur lah pencahayaan atau kontras layar komputer atau laptop anda sehingga mata anda tidak mudah lelah. 

5. Kacamata

Konsultasikan kepada dokter mata jika dibutuhkan untuk memakai kacamata yang dapat mengurangi ketengangan mata pada saat berada di depan layar monitor. Jika anda memang menggunakan kacamata, pastikan lensa kacamata anda cocok untuk berlama-lama di depan layar monitor.

Demikianlah artikel tentang Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat di depan Komputer atau Laptop, semoga dapat bermanfaat dan semoga mata anda sehat selalu jika berlama-lama berada di depan layar monitor.