Latest News

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

idbaca.com - Manfaat Tomat Untuk Kesehatan - Banyak yang sudah tau bahwa tomat memiliki kandungan yang berguna untuk kesehatan tubuh.Semua dokter pun setuju dengan anggapan seperti itu. Buah yang identik dengan warnanya yang merah menyala ini, berdasarkan faktanya memiliki sumber  vitamin A, C, K, Kalium, Folat, Thiamin, Niacin, Vitamin B6, Magnesium, Fosfor, Tembaga, Rendah akan sodium, Lemak Jenuh,Kalori Maupun Koloestrol. Sangat banyak sekali kandungannya dan juga sangat banyak manfaatnya. Buah tomat dapat dimakan secara langsung maupun di campurkan pada menu masakan favorit anda. Maka jangan heran jika buah tomat mengandung berbagai nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh sebagai nutrisi yang sangat bermanfaat. Mungkin tak pernah anda sadari sebelumnya bahwa buah tomat memiliki khasiat yang begitu dahsyat  bagi tubuh. Lalu apa saja khasiatnya bagi kesehatan tubuh? Berikut beberapa Khasiat tomat :


Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

  • 1. Dapat Mengurangi Kadar Lemak Penyebab Kegemukan

Lemak adalah salah satu pemicu darah tinggi dan meningkatkan berat badan. Jika anda ingin mengurangi jumlah lemak yang menumpuk pada tubuh anda, maka harus ada kemauan keras untuk melakukan olahraga dan mengatur pola makan anda. Namun, jika anda sudah melakukan olahraga dengan rutin dan belum terlihat hasilnya, perlu anda coba dengan mengkonsumsi tomat secara rutin sebelum latihan. Buah tomat sangat bermanfaat jika anda sering melakukan olahraga karena buah tomat tidak memiliki kandungan lemak, Justru buah tomat tinggi akan protein, karbohidrat, dan kalori. Dari nutrisi tersebut mempunyai peranan penting untuk menangani masalah berat badan anda. Namun semua itu harus tetap diimbangi dengan olahraga yang teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • 2. Pembentukan Pada Otot

Tomat adalah buah yang membantu pembentukan pada otot anda, karena tomat adalah sumber alami yang kaya dengan protein. Untuk mendapatkan hasil yang mencolok pada otot anda, yang perlu anda ketahui selain anda rutin mengangkat beban, hal lain yang wajib anda lakukan yaitu disaat tidur, otot yang sudah rusak akan disusun kembali dengan bentuk yang sempurna.Jadi tidak ada salahnya jika anda sebelum melakukan olahraga ada baiknya anda bisa makan buah tomat terlebih dahulu karena berguna membantu pembentukan tubuh anda terlihat lebih atletis.
  • 3.  Dapat Mencegah Kanker

Pernahkah anda tahu bahwa tomat memiliki khasiat yang berguna untuk mencegah  kanker. Kandungan yang ada dalam tomat yaitu salah satunya  Antioksidan, Juga dapat mencegah kanker payudara, usus besar, dan juga paru-paru. Penyimpulan dari Journal of the National Cancer Institute bahwa dengan mengkonsumsi tomat dapat menurunkan risiko kanker. Dari 72 penelitian yang dilakukan terdapat 52 penelitian yang menyimpulkan bahwa dengan konsumsi buah tomat dengan jumlah yang tepat dan cukup dapat menurunkan kanker pankreas, payudara, usus besar dan juga leher rahim. Sangatlah bermanfaat dari kandungan buah tomat, buah yang selain murah juga mudah di dapat. 

  • 4. Dapat Menangkal Radikal Bebas

Para pakar kesehatan sangat setuju dengan kesimpulan bahwa tomat dapat menangkal dari radikal bebas. Senyawa flavonoid dan zea-xanthin merupakan  Antioksidan yang sangat banyak terdapat pada buah tomat.
  • 5. Menjaga Gigi dan Tulang

Kandungan pada tomat yaitu Kalsium yang sangat berguna pada gigi dan tulang anda. kalsium berguna sebagai pelindung tulang agar tidak mudah keropos dan juga menguatkan gigi dan menjaga agar tetap sehat.
  • 6. Mencegah Kolestrol tinggi Penyebab Hipertensi

Pada tubuh manusia terdapat dua kolestrol yaitu kolestrol baik dan kolestrol jahat. Seseorang yang sangat mudah terkena kolestrol tinggi karena salah satu penyebabnya adalah kurangnya mineral yang terkandung dalam buah tomat. Untuk pengobatan darah tinggi yaitu bisa dengan mengkonsumsi buah tomat secara rutin. Kandungan mineral yang ada dalam buah tomat bisa membantu tubuh anda pada tingkat kolestrol yang beredar di dalam darah.
  • 7. Memberikan Kesehatan Pada Mata

Banyak penderita sakit mata yang dianjurkan untuk mengkonsumsi buah tomat agar minusnya tidak bertambah. mengapa buah tomat? Banyak yang sudah mengetahui bahwa yang terkandung dalam tomat yaitu terdapat kandungan Vitamin A, dan sejumlah nutrisi lain seperti Niacin, Thiamine, dan juga asam folat, dari kandungan buah tomat tersebut dapat membantu anda dalam penyembuhan dari sakit mata dan bagi yang tidak menderita sakit mata juga sangat berfungsi mencegah dan memberikan kesehatan pada mata.
  • 8. Jantung Bekerja Dengan Stabil

Tahukah anda bahwa dalam sepotong tomat dengan ukuran sedang terdapat sekitar 235 mg kalium. kandungan kalium sebesar itu pada tomat dapat berguna sebagai pengontrol denyut jantung anda menjadi stabil dan memompa darah supaya lancar. efek lain dari kandungan kalium tersebut adalah menjadikan jantung anda tetap sehat dan jauh dari stroke.
  • 9. Sebagai Vitamin Harian

Tomat memberikan gizi harian anda sebesar 20% yang sangat berguna bagi tubuh. Jika anda seorang yang setiap harinya minum suplemen maka perlu mencoba buah alam ini secara langsung. Nutrisi yang terkandung dalam buah tomat sangat diperlukan untuk tubuh anda agar organ tubuh anda berfungsi dengan baik dan menjadikan anda tetap sehat.
  • 10. Dapat Mengontrol Gula Darah

Buah tomat dapat digunakan untuk pengontrol gula darah pada tubuh anda. Anda dapat mencobanya karena bisa memperkecil dan menjauhkan dari risiko diabetes. Sumber alami kromium pada tomat dapat mengontrol gula darah agar tidak mengalami pelonjakan.


Itulah dari beberapa Manfaat Tomat Untuk Kesehatan yang bisa anda ketahui untuk referensi kesehatan anda.

Baca Juga Manfaat Tomat Untuk Kulit