Latest News

Manfaat dan Pentingnya Toge

idbaca.com - Manfaat dan Pentingnya Toge - Siapa sih yang tidak tahu toge atau kecambah? Salah satu bahan makanan yang sangat banyak manfaatnya bagi ksehatan tubuh anda. Salah satu bahan makanan yang sudah tersedia dari alam ini adalah bahan makanan dari jenis kacang-kacangan atau kecambah. Toge di kalangan masyarakat biasanya toge di campurkan untuk makanan berupa Soto dan Pecel. mungkin saja kebanyakan orang yang mengkonsumsi makanan satu ini  (toge) tidak terasa enak, tetapi jangan menyalahkan jika tidak enak. yang perlu anda ketahui adalah Banyaknya manfaat yang sangat baik bagi kesehatan anda.

Kandungan yang ada dalam toge termasuk senyawa yang bisa disebut fitokimiawi dan kanavanin yang sangatlah berkhasiat bagi tubuh anda.Toge merupakan tumbuhan yang mengandung protein lebih besar 19%  dibandingkan dengan bijinya. Untuk kandungan yang ada dalam toge yaitu seperti Karbohidrat, Protein, Asam Folat, Fosfor, Seng, Potasium, Kalium, Zat besi, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Serat, Niacin, dan Energi. Itulah dari banyaknya kandungan yang ada dalam tumbuhan yg di sebut toge.

Manfaat dan Pentingnya Toge
Begitu banyaknya kandungan tersebut ada beberapa Hal penting tentang toge yaitu:


1. Kaya dengan Enzim
Kandungan Enzim dalam toge adalah sebagai pemicu produksi vitamin, mineral, asam amino dan asam lemak essensial. Banyaknya kandungan enzim yang ada dalam toge sehingga para pemeliti menunjukan bahwa toge adalah tumbuhan dengan kaya enzim dari pada sayur mentah dan buah-buahan.

2. Kaya akan Protein
Tahukah manfaat protein bagi tubuh? sangat banyak manfaat protein yaitu 
  • Sebagai enzim
  • Sebagai alat pengangkut dan penyimpan
  • Sebagai penunjang mekanis
  • Sebagai pertahanan tubuh dan imunisasi pertahanan tubuh
  • Media perambah implus syaraf
  • Sebagai pengendalian pertumbuhan
  • Membentuk jaringan pada tubuh dengan kandungan asam amino
  • Mencegah penyakit kwasiorkor dan marasmus
  • Membantu proses penyembuhan Luka
dan masih banyak lagi dari kandungan tumbuhan toge. Asam amino juga terdapat dalam toge yang mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.
3.  Kaya Akan Serat
Serat yang terkandung dalam toge yaitu dapat menurunkan berat badan, baik untuk pencernaan,  membantu menguras racun dan lemak yang tidak perlukan dalam tubuh.

4. Kaya dengan mineral
Mineral yang terkandung dalam toge juga sangat mudah di serap bagi tubuh anda memiliki kalsium dan magnesium adalah beberapa jenis kandungan yang terdapat dalam toge.


Manfaat Toge
  • 1. Mencegah kanker
    Karena banyaknya kandungan serat dan air pada toge memungkinkan secara otomatis dapat membantu pembersihan usus besar, jika usus besar anda bersih maka akan terhindar dari zat-zat racun dan membantu mendorong kotoran dan zat racun keluar.toge juga mencegah tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh dikarenakan toge sendiri mengandung antioksidan.
  • 2. Mencegah Osteoporosis
    Karena kandungan estrogen pada toge dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.
  • 3. Mencegah dari Serangan Jantung
    Kandungan pada toge seperti Saponin yang bisa mnghancurkan lemak jahat dalam tubuh dan biasanya kandungan saponin terdapat pada toge alfafa.
  • 4. Meningkatkan Kesuburan
    Banyak yang sudah mengtahui bahwa toge dapat meningkatkan kesuburan dan ternyata toge memiliki kandungan Vitamin E alfa yang berperan penting untuk kesuburan anda. Secara otomatis akan melindungi sel-sel telur pada wanita maupun sel-sel sperma pada pria dai srangan radikal bebas. Vitamin E pada toge ini lah yang sangat berperan penting sebagai antioksidan yang melindungi sel tubuh dari serangan radikal bebas.
Demikian dari sedikit Manfaat dan Pentingnya Toge mudah mudahan anda semakin tertarik untuk rutin mengkonsumsi toge dan tidak melewatkan di menu makan anda karena banyak kandungan yang ada pada toge bagi tubuh kita.